Dr Haris Budiman Kembali Terpilih Jadi Ketua Pengawas Notaris Kuningan
Foto: Ist

Dr Haris Budiman Kembali Terpilih Jadi Ketua Pengawas Notaris Kuningan

SiwinduMedia.com – Dosen Fakultas Hukum Universitas Kuningan yang juga Wakil Rektor IV, Dr Haris Budiman, SH MH, kembali terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Majelis Pengawas Notaris Daerah (MPD) Kabupaten Kuningan untuk periode 2024-2027.

Saat dikonfirmasi SiwinduMedia.com, Minggu (4/2/2024) sambil tersenyum Haris menjelaskan. Proses pemilihan Ketua tersebut melalui rapat anggota, selepas pengambilan sumpah dan pelantikan anggota MPD se Jawa barat oleh Dirjen Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham RI di Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan Bandung.

“Kami rapat cepat, dan teman-teman masih memberi kepercayaan kepada saya. Sehingga diputuskan, saya yang kembali terpilih sebagai Ketua MPD Kabupaten Kuningan,” ujar Haris.

Sebagaimana diketahui, tutur Haris, Majelis Pengawas Notaris adalah lembaga resmi yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 tahun 2014.

Tentang perubahan atas UU Nomor 30 tahun 2004, tentang jabatan Notaris. MPD memiliki peran penting untuk mengawasi kinerja dan kode etik Notaris.

Haris menjelaskan, bahwa keanggotaan MPD ada sembilan orang yang merupakan perwakilan dari 3 unsur, yaitu pemerintah, notaris dan akademisi. Masing-masing diwakili oleh 3 orang anggota.

Kesembilan anggota Majelis Notaris Kabupaten Kuningan yang terpilih dan dilantik, adalah dari unsur pemerintah Kabag Hukum Setda Mahardika Rahman, Kalapas Kuningan Kurnia Panji Pamekas dan Eris Risdiantini dari Bagian Hukum Kanwil Kemenkumham Jawa Barat.

“Sedangkan dari unsur Notaris, terpilih Tuti Andriani, Nuryani Sartono dan Munadi Bayan. Serta dari akademisi ada saya sendiri, Erga Yuhandra, dan Dikha Anugrah,” terangnya.

Menurut Haris, sebagai Ketua Majelis Pengawas Notaris Kabupaten Kuningan, saya akan dibantu oleh dua orang wakil ketua, yaitu Mahardika Rahman dan Tuti Andriani. Dan satu orang sekretaris yaitu Dadang Sunarya, dari bagian hukum Pemda Kabupaten Kuningan.

Terkait program kerja, Haris menyebutkan dalam waktu dekat akan segera menyelenggarakan rapat internal untuk membahas materi dan mekanisme pengawasan terhadap notaris.

Apalagi dalam tahun 2023 kemarin, Kuningan baru saja mendapat penempatan 38 Notaris baru. Sehingga jumlah semuanya ada sekitar 76 Notaris yang ada di Kabupaten Kuningan.

Haris menghimbau kepada masyarakat, untuk bersama-sama mengawasi kinerja notaris tersebut. “Kalau masyarakat mendapat hambatan atau pelayanan yang tidak baik, untuk tidak segan-segan melaporkan kepada MPD agar kami bisa memprosesnya,” ajak Haris.

 

 

Cek Juga

Giliran Warga Mekarsari Deklarasi Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati

Giliran Warga Mekarsari Deklarasi Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati

SiwinduMedia.com – Dukungan demi dukungan digaungkan masyarakat di Kuningan kepada Yanuar Prihatin, Calon Bupati Kuningan …