Cair Hingga Rp 750 Ribu, Begini Cara Cek Penerima Bansos Kemensos
Bansos Kemensos 2023 punya beberapa macam program, diantaranya ada program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH). (Foto: Pikiranrakyat)

Cair Hingga Rp750 Ribu, Begini Cara Cek Penerima Bansos Kemensos

Siwindumedia.com – Cara cek bansos (bantuan sosial) Kemensos 2023 sebenarnya sangatlah mudah. Sebab, kita hanya perlu menyiapkan HP dan KTP.

Bansos Kemensos (Kementerian Sosial) 2023 punya beberapa macam program, diantaranya ada program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) yang setiap dua sampai tiga bulan sekali cair ke masyarakat.

Bansos Kemensos 2023 ini dibuat bertujuan agar masyarakat rentan miskin dan miskin tetap bisa mendapatkan pelayanan yang sama, memenuhi kebutuhan hidup, dan mendapatkan gizi yang seimbang.

Oleh karena itu, Kemensos (Kementerian Sosial) sampai saat ini terus menyalurkan bansos ke para penerima manfaat. Penerima manfaat merupakan warga negara Indonesia yang sudah terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan dianggap layak mendapatkan bansos.

Cara memeriksa apakah Anda termasuk penerima bantuan bisa menilik situs cekbansos.kemensos.go.id.

Terdapat 7 kategori penerima bantuan berbeda dalam program ini. BLT PKH 2023 mencakup beragam kategori penerima untuk memastikan bahwa bantuan mencapai mereka yang benar-benar membutuhkannya. Berikut adalah kategori penerima yang termasuk dalam program ini.

1. Ibu Hamil/Nifas: Penerima dalam kategori ini akan menerima bantuan sebesar Rp750.000 setiap tahap, atau Rp3 juta dalam setahun.

2. Anak Usia Dini/Balita: Anak-anak balita juga akan mendapatkan bantuan sebesar Rp750.000 setiap tahap, atau Rp3 juta per tahun.

3. Lansia: Lansia akan menerima bantuan sebesar Rp600.000 setiap tahap, atau Rp2,4 juta per tahun.
Penyandang

4. Disabilitas: Bagi penyandang disabilitas, bantuan sebesar Rp600.000 akan diberikan setiap tahap, atau Rp2,4 juta per tahun.

5. Anak Sekolah SD: Anak-anak yang bersekolah di tingkat SD akan menerima bantuan sebesar Rp225.000 setiap tahap, atau Rp900.000 per tahun.

6. Anak Sekolah SMP: Untuk anak-anak di tingkat SMP, bantuan sebesar Rp375.000 akan diberikan setiap tahap, atau Rp1,5 juta per tahun.

7. Anak Sekolah SMA: Anak-anak sekolah di tingkat SMA akan menerima bantuan sebesar Rp500.000 setiap tahap, atau Rp2 juta per tahun.

Jadwal Pencairan Bansos

Program BLT PKH 2023 akan menyelenggarakan penyaluran dalam empat tahap sepanjang tahun, yang dimulai dari bulan Januari hingga Desember. Jadwal pencairan tersebut adalah sebagai berikut.

Tahap 1: Januari-Maret
Tahap 2: April-Juni
Tahap 3: Juli-September
Tahap 4: Oktober-Desember.

Cara Cek Bansos PKH 2023

Bagi anda yang ingin memeriksa apakah anda termasuk kedalam daftar penerima Bansos Kemensos 2023, ada panduan langkah demi langkah yang dapat diikuti secara online. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Buka cekbansos.kemensos.go.id.
2. Masukkan informasi seperti provinsi, kabupaten, kecamatan, desa/kelurahan.
3. Masukkan nama Penerima Manfaat (PM) sesuai dengan KTP.
4. Ketikkan 4 huruf kode keamanan yang tertera.
5. Jika huruf kode kurang jelas, ada opsi untuk mendapatkan huruf kode baru.
6. Klik tombol “CARI DATA”.

Cek Juga

Wakili Kaum Muda, Thony Indra Gunawan Daftar Calon Bupati Kuningan ke PKB dan P3

Wakili Kaum Muda, Thony Indra Gunawan Daftar Calon Bupati Kuningan ke PKB dan P3

SiwinduMedia.com – Perhelatan Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Kuningan semakin mendekat. Banyak tokoh yang telah …