Milangakala Desa Manis Kidul ke-238, Bupati Acep :"Semoga bisa Membangun Kesatuan dan Persatuan antara Pemdes dan Masyarakatnya"
pemberian tumpeng secara simbolis oleh Kepala Desa Manis Kidul kepada Bupati Kuningan dalam rangka hari jadi Desa Manis Kidul ke-238. Senin, (4/9/2023). Foto : Fikron Lutfi Arif/Siwindumedia.com

Milangakala Desa Manis Kidul ke-238, Bupati Acep :”Semoga bisa Membangun Kesatuan dan Persatuan antara Pemdes dan Masyarakatnya”

Siwindumedia.com – Pemerintahan Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan merayakan kegiatan Babarit Desa (Milangkala Desa) ke-238 tahun yang bertempat di alun-alun Masjid depan Kantor Balai Desa Manis Kidul, Senin (4/9/2023).

Turut Hadir dalam acara tersebut Bupati Acep Purnama, Ketua DPRD Kabupaten Kuningan Nuzul Rachdy, Kepala Desa Manis Kidul beserta jajaran, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna Desa Manis Kidul, masyarakat setempat serta tamu undangan.

Kepala Desa Manis Kidul, M Sadiman menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan babarit tersebut merupakan agenda rutin yang sudah dilaksanakan dari sejak jaman dahulu. Ia juga mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

“Sebagai wujud syukuran atas nikmat karunia yang Allah kasih pada kita semuanya,” ungkap Sadiman.

Milangakala Desa Manis Kidul ke-238, Bupati Acep :"Semoga bisa Membangun Kesatuan dan Persatuan antara Pemdes dan Masyarakatnya"
Warga masyarakat Desa Manis Kidul pada saat menghadiri acara Babarit. Senin, (4/9/2023). Foto : Fikron Lutfi Arif/Siwindumedia.com

Lanjut Sadiman mengatakan, rangkaian Babarit Desa Manis Kidul tersebut dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 3-5 September 2023. Rangkaian kegiatan diawali dengan jalan santai, do’a bersama yang dilanjutkan dengan makan-makan. Dan hari ini, tepat tanggal 5 September acara hari jadi Desa Manis Kidul ini ditutup dengan agenda Sidang Paripurna Desa Manis Kidul.

Peserta yang datang ke acara babarit bisa diperkirakan sekitar lima ribu orang yang berasal dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Makanan yang disajikan merupakan hasil dari swadaya warga masyarakat Desa Manis Kidul.

“Ini untuk makanan dari swadaya masyarakat, jadi mereka bawa masing-masing dari rumah terus dimakan bareng disini. Jadi ya itu sebagai filosofinya, menjadi berkah,” ujar Kepala Desa Manis Kidul.

Sementara itu, Bupati Kuningan Acep Purnama, menyampaikan ucapan rasa syukur kepada Allah SWT atas apa yang telah diberikan oleh-Nya khususnya bagi masyarakat Desa Maniskidul.

“Semata-mata sebagai ucapan rasa syukur, bentuk kebahagiaan termasuk evaluasi terkait apa yang kurang dalam diri kita, dan ini juga sebagai transparansi dari sebuah pemerintahan di desa,” tutur Acep Purnama dalam sambutannya.

Bupati Kuningan berharap dari kegiatan tersebut bisa membangun kesatuan dan persatuan yang saling keterikatan antara pemerintahan dan masyarakat Desa Manis Kidul.

“Pada kegiatan-kegiatan seperti ini antar para pemimpin dan masyarakat, tokoh agama, alim ulama dan tokoh pemuda yang ada di desa sehingga dengan silaturahmi ini pasti akan terungkap inovasi-inovasi untuk membangun desanya itu sendiri. Dan yang terpenting terbangunnya kebersamaan atas dasar kegotongroyongan dan saling percaya,” pungkas Acep Purnama.

Masih ditempat babarit, Ketua Karang Taruna Desa Manis Kidul Iwan Waryono, mengungkapkan rasa syukurnya karena acara yang diselenggarakan bekerja sama dengan semua pihak dapat berjalan dengan lancar.

Adapun harapan dari Ketua Karang Taruna Desa Manis Kidul terkait terselenggaranya kegiatan tersebut yaitu semoga Desa Manis Kidul terus maju. Ia menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam acara tersebut.

“Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dan berharap intinya point yang bisa diambil dari kegiatan ini yaitu Desa Manis Kidul tetap terus maju, semua masyarkat dengan pemerintah desanya saling bersinergi, dan semakin berkah untuk kita semuanya karena kita karang taruna hanya sebagai penyambung lidah masyarakat,” tutur Iwan.

Cek Juga

Amin Santono dan Atang Sugiono Kawal Kamdan Daftar Calon Bupati ke PPP

Amin Santono dan Atang Sugiono Kawal Kamdan Daftar Calon Bupati ke PPP

SiwinduMedia.com – 2 tokoh Kuningan, H Amin Santono dan H Atang Sugiono, mengawal H Kamdan …