Mengenal Rangka eSAF yang Viral di Medsos Karena Dituding Mudah Patah dan Karatan
Tangkapan Layar Rangka eSAF Motor Scoopy yang keropos. (Foto: TikTok)

Mengenal Rangka eSAF yang Viral di Medsos Karena Dituding Mudah Patah dan Karatan

Siwindumedia.com – Narasi yang menyebutkan rangka Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) di sejumlah sepeda motor Honda mudah patah, ramai di media sosial. Rangka eSAF merupakan struktur yang menghubungkan bagian depan motor dengan tempat duduk pengendara.

Di media sosial, beberapa warganet mengatakan bahwa eSAF di beberapa sepeda motor Honda dapat patah karena rangka mudah keropos. Salah satunya dikatakan oleh akun Twitter ini pada Selasa (15/8/32023) di mana ia menunjukkan rangka eSAF sudah berkarat dan berlubang.

Viral, Motor Honda Vario Baru Patah Tulang Gegara Kecelakaan

“akhir² ini rame vt tentang rangka body eSAF yang pada keropos,” cuit pengunggah.

Tak hanya itu, akun TikTok ini juga menunjukkan wujud rangka eSAF yang sudah keropos dan berkarat hingga berlubang di bagian bawahnya.

“Ajojing rungkad kawan rangka nya kerpos parah,” tulis pengunggah, Rabu (12/6/2023).

Rangka eSAF pertama kali diimplementasikan di motor Honda Genio pada 2019. Rangka jenis ini kemudian digunakan juga oleh beberapa skutik Honda lainnya.

Viral Rangka eSAF Honda Patah, Ternyata Sudah Ada di 4 Motor Matic Ini - Ayo Bogor

Mengutip dari laman detikoto.com, Nama eSAF merupakan singkatan dari enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) atau rangka arsiktektur cerdas yang disempurnakan. Teknologi dan metode pembuatan rangka ini berbeda dengan rangka motor jenis lainnya.

Rangka eSAF menggunakan lembaran pelat baja yang kemudian di-press dan dilas. Berbeda dengan rangka motor lainnya yang menggunakan pipa yang dipotong.

Untuk penyatuan beberapa pelat baja yang di-press tadi, pengelasannya juga berbeda. Proses penyatuannya menggunakan alat las laser yang diklaim dapat meminimalisir deformasi.

Setidaknya ada enam bagian sisi frame yang disatukan menjadi rangka. Pengelasannya menggunakan laser wielding sehingga hasil laser welding ini secara kualitas diklaim akan lebih baik, tidak mempengaruhi komposisi frame bodynya. Deformasi hampir tidak ada.

AHM mengklaim rangka eSAF lebih ringan 8 persen dibanding rangka skutik Honda sebelumnya. Hal ini membuat pengendaraan lebih nyaman dan mudah ketika bermanuver. Karena lebih ringan, konsumsi bahan bakar juga lebih irit. Meski lebih ringan, Honda menyebut eSAF memiliki daya tahan yang lebih baik karena menggunakan bahan baja.

Metode pembuatan rangka eSAF dikembangkan sendiri oleh orang Indonesia berdasarkan penyesuaian pasar dan kebutuhan. Material dan metode ini diklaim mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Landasannya adalah hasil rangka menjadi lebih ringan 4 kilogram jika dibandingkan dengan rangka lama.

Tanggapan Honda

Direktur Pemasaran AHM Octavianus Dwi Putro mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan rangka sepeda motor bisa patah.

Ia mengatakan, hal tersebut tergantung case atau kasus kerusakannya. Bila case merupakan kesalahan dari pabrik, maka pihaknya akan melakukan penggantian.

“Beberapa perlu ada investigasi lebih lanjut, kita akan tangani. Jadi tergantung kasusnya. Ada yang karena pemakaian, ada yang kena air laut, nah itu banyak case-nya. Makanya saya enggak bisa ngomong, case by case saja,” kata Oktavianus dikutip Siwindumedia.com, Minggu (20/8/2023).

Senior Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor Rina Listiani saat dikonfirmasi juga mengatakan hal yang serupa.

Ia menyampaikan, beberapa hal bisa menjadi faktor rangka eSAF berkarat atau patah. Namun, pihaknya perlu melakukan pemeriksaan secara langsung terhadap unit motor agar diketahui penyebabnya.

“Kami sarankan konsumen dapat melakukan pengecekan di AHASS (bengkel resmi motor Honda),” kata Rina, Sabtu (19/8/2023).

Honda Jamin Garansi

Lebih lanjut, Rina mengatakan bahwa pengguna sebaiknya membawa rangka sepeda motor yang berkarat atau patah ke AHASS untuk mengetahi apakah kerusakan bisa di-cover dengan garansi.

“Kami berusaha memberikan layanan yang terbaik untuk konsumen dengan memberikan perhatian pada setiap keluhan konsumen, termasuk keluhan terkait rangka,” ujarnya.

“Untuk mengetahui detailnya, kami harus memeriksanya langsung. Konsumen dapat langsung datang ke AHASS atau menghubungi contact center 1500989,” sambung Rina.

Cek Juga

Banyak Pihak Menyayangkan Thony Indra Gunawan Mundur dari Pencalonan Bupati Kuningan

Banyak Pihak Menyayangkan Thony Indra Gunawan Mundur dari Pencalonan Bupati Kuningan

SiwinduMedia.com – Thony Indra Gunawan adalah salah satu kandidat Bakal Calon Bupati Kuningan pada Pilkada …