Sekda Dian Beri Arahan Para Kepala Desa di Kecamatan Cibeureum
Sekda Kuningan H Dian Rachmat Yanuar (tengah) foto bersama pemerintah Kecamatan dan para Kades di Kecamatan Cibeureum, usai pengarahan pada apel di halaman kantor Camat setempat, Selasa (11/6/2024). Foto: kuningankab.go.id

Sekda Dian Beri Arahan Para Kepala Desa di Kecamatan Cibeureum

SiwinduMedia.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kuningan Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, memberikan arahan kepada para Kepala Desa, jajaran UPTD dan Kecamatan di Kecamatan Cibeureum, Selasa (11/6/2024).

Pengarahan Sekda disampaikan saat dirinya menjadi Pembina apel pagi di halaman kantor Kecamatan setempat. Arahan Sekda ini dalam rangka peningkatan kinerja sebagai upaya memberikan pelayanan yang optimal bagi kesejahteraan masyarakat.

Seperti dilansir dari website kuningankab.go.id, dalam arahannya, Sekda Dian menekankan pentingnya aparatur ASN, kepala desa dan aparatnya memiliki sikap. Diantaranya berorientasi pelayanan, yakni memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Aparat juga harus ramah, yakni  cekatan, solutif, dan dapat diandalkan, serta melakukan perbaikan. Aparatur pemerintahan di desa dan Kecamatan juga harus Akuntabel, yakni melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas tinggi. Termasuk Kompeten, yakni meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah.

“Disamping itu, Harmonis, yaitu membangun lingkungan kerja yang kondusif. Loyal, menjaga nama baik sesama instansi. Adaptif, cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan. Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas, dan bertindak proaktif dan kolaboratif, yaitu memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi, terbuka dalam bekerja sama untuk memberdayakan potensi yang ada,” pinta Sekda.

Baca Juga:  Kompak! Pj Bupati dan Sekda Dian Siap Bersinergi Perbaiki Kuningan

Dalam kesempatan itu, Sekda Dian juga mengajak para aparatur desa khususnya untuk fokus mengatasi kemiskinan, pengangguran, dan stunting yang menjadi perhatian utama Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan.

“Ini adalah tanggung jawab bersama. Dalam pelaksanaan program di desa, hal-hal tersebut harus menjadi perhatian,” harap Dian.

Dian menuturkan, pentingnya sinergi antara Camat, Organisasi Perangkat Daerah, Unsur Muspika, dan kepala desa sebagai kunci kelancaran roda pemerintahan dalam pelaksanaan pembangunan.

“Terima kasih atas kerja sama yang telah dibangun oleh Plt Camat Cibeureum. Semoga ikhtiar kita dapat menyelesaikan persoalan kemiskinan, pengangguran, stunting, dan kesiapsiagaan kebencanaan,” harapnya.

Kecamatan Cibeureum sendiri merupakan Kecamatan ke-11 yang dikunjungi Sekda Dian dalam rangkaian kegiatannya. Dalam kesempatan itu, Sekda juga berdialog dengan para kepala desa untuk menerima keluhan dan persoalan yang ada.

Kepala Desa Kawungsari, Wahyudi, menyampaikan keluhan terkait kondisi jalan yang membutuhkan perbaikan di beberapa desa, termasuk Cimara, Sukarapih, Sumur Wiru, dan Desa Sukadana. Hadir juga kepala desa dari Cibeureum, Tarikolot, Sukadana, dan Randusari.

Baca Juga:  Sekda Buka Ruang Komunikasi Konflik antara Desa Trijaya Dengan BTNGC

Sementara itu, Plt Camat Cibeureum yang juga Camat Cibingbin, Dra Hj Imas Minarsih, mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan arahan dari Sekda Dian. Pemerintah Kecamatan Cibeureum, kata Imas, berharap agar arahan Pembina Apel ini bisa menjadi spirit dan motivasi bagi para ASN dan perangkat desa untuk lebih meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Imas juga menekankan pentingnya sinergi diantara seluruh stakeholder dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi. Ia juga berharap semuanya dapat menjaga kekompakan dan harmonisasi dalam tugas mewujudkan pembangunan dan kondusifitas di wilayah Kecamatan Cibeureum, sebagaimana yang disampaikan Sekda Dian saat memberikan arahan dalam apel tersebut.

Cek Juga

Sambut Tahun Baru Islam 1446 H, Warga Desa Pakapasan Hilir Gelar Tradisi Hajat Sabumi

Sambut Tahun Baru Islam 1446 H, Warga Desa Pakapasan Hilir Gelar Tradisi Hajat Sabumi

SiwinduMedia.com – Tradisi yang dilaksanakan setiap bulan Muharram khususnya Hajat Sabumi kini hampir punah. Hajat …