Rokhmat Ardiyan Dorong UMKM di Kuningan Naik Kelas
Caleg RI dari Partai Gerindra Dapil Jabar X H Rokhmat Ardiyan beserta istri, memberikan sertifikat NIB gratis kepada salah satu pelaku UMKM Kuningan, usai acara silaturahmi, Sabtu (9/12/2023). Foto: Mumuh Muhyiddin/SiwinduMedia.com

Rokhmat Ardiyan Dorong UMKM di Kuningan Naik Kelas

SiwinduMedia.com – Kiprah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tak bisa dibantah sebagai salah satu pilar ekonomi bangsa. Tetapi perhatian dan minimnya akses politik UMKM, masih menjadikan posisi UMKM belum menguntungkan. Harus banyak upaya lebih yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peran UMKM.

Hal ini disampaikan Rokhmat Ardiyan saat silaturahmi dengan ratusan pelaku UMKM se-Kabupaten Kuningan, di Graha H Rokhmat Ardiyan, Jalan Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Sabtu pagi (9/12/2023).

Pada kesempatan tersebut Caleg DPR RI Dapil Jabar X dari Partai Gerindra ini mendorong agar UMKM di Kuningan khususnya harus bisa naik kelas.

“Cara naik kelas UMKM ini yang paling mudah adalah dengan cara mengubah kemasan menjadi lebih eye catching,” ujar Rokhmat Ardiyan.

Pada kesempatan yang sama, Caleg dengan nomor urut dua ini juga mengatakan, sebagai pilar ekonomi bangsa, UMKM sudah tak bisa diragukan lagi. Belum lagi, tambah Rokhmat Ardiyan, UMKM juga banyak bisa memberikan lapangan kerja bagi masyarakat.

“Jika satu UMKM bisa mempekerjakan lima karyawan saja, berapa banyak masyarakat yang terserap,” tandas Ardiyan.

Baca Juga:  5 Anggota Fraksi Gerindra Dukung Ardiyan, Deis: Katanya Dikasih Masing-Masing 5 Juta

Sementara itu, Ketua Umum Paguyuban UMKM Kabupaten Kuningan Toto Suhartono mengatakan, selama ini UMKM di Kabupaten Kuningan belum sepenuhnya mendapatkan perhatian pemerintah. UMKM di Kabupaten Kuningan tambah Toto, selama ini seperti kehilangan induk.

“Kami seperti anak tanpa ayah. Kami berjalan sendiri. Kami berharap ke depannya kami bisa mendapatkan akses permodalan hingga akses pasar,” ujar Toto.

Toto juga mengatakan, pemerintah bisa membantu UMKM dengan cara membeli produk-produk UMKM dalam setiap kegiatan pemerintah daerah. “Dukungan nyata Pemerintah Daerah untuk UMKM bisa ditunjukkan dengan membeli produk UMKM,” tandas Toto.

Di tempat yang sama, paguyuban UMKM Kabupaten Kuningan juga meminta Rokhmat Ardiyan sebagai Bapak angkat. Sebelum acara selesai, Rokhmat Ardiyan juga memberikan sepuluh sertifikat legalitas Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku UMKM.

Cek Juga

Banyak Pihak Menyayangkan Thony Indra Gunawan Mundur dari Pencalonan Bupati Kuningan

Banyak Pihak Menyayangkan Thony Indra Gunawan Mundur dari Pencalonan Bupati Kuningan

SiwinduMedia.com – Thony Indra Gunawan adalah salah satu kandidat Bakal Calon Bupati Kuningan pada Pilkada …