Siswa SMK KarNas Kuningan Raih Juara 1 Olimpiade Fiber Optic Nasional 2023
Para juara Fiber Optic Nasional 2023, foto bersama usai meraih juara yang digelar PT Telkom Witel Cirebon, Kamis (7/12/2023). Foto: IST

Siswa SMK KarNas Kuningan Raih Juara 1 Olimpiade Fiber Optic Nasional 2023

SwinduMedia.com – Siswa SMK Karya Nasional (KarNas) Kuningan, Jang Rahmat, berhasil meraih Juara 1 Tingkat Nasional di ajang “Olimpiade Fiber Optic Nasional Tingkat SMK Tahun 2023”.

Siswa kelas XII Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK KarNas Kuningan ini, menjuarai kompetisi yang berlangsung di PT Telkom Witel Cirebon, Kamis (7/12/2023). Ajang ini diikuti ratusan peserta dari berbagai SMK di Indonesia untuk memperebutkan piala tetap, piala bergilir, sertifikat dan uang pembinaan total belasan juta rupiah.

Menurut Executive Vice President Telkom Jawa Barat, Dr Saiful Hidajat MT, misi Telkom Indonesia adalah menciptakan bakat digital yang kompetitif, pentingnya mengikuti trend industri internet khususnya peran fiber optic dalam menyokong kemajuan teknologi.

“Kegiatan ini merupakan upaya Telkom Indonesia untuk mengembangkan bakat digital dikalangan siswa, memvalidasi kurikulum serta mengikuti perkembangan teknologi, agar pendidikan dapat memenuhi kebutuhan industri,” jelasnya.

Selain Olimpiade Fiber Optic, Telkom juga mendukung SMK dengan Laboratorium Internet of Things (IoT) untuk mempersiapkan siswa menghadapi trend seperti robotika IoT dan analisis data.

Baca Juga:  Selamat! SMK Pertiwi Kuningan Raih Penghargaan di SMK Award 2023 Jabar

Sementara itu, General Manager Witel Cirebon, Ferry Zuljanna, mengungkapkan, Olimpiade Fiber Optic Nasional bertujuan untuk meningkatkan kualitas sekolah dan lulusan dengan standar yang diterapkan. Telkom Indonesia berupaya menghadirkan kelas industri digital IoT di berbagai SMK, sebagai bagian dari persiapan menghadapi industri. Harapannya agar kegiatan semacam ini bisa diperluas untuk mencakup berbagai aspek industri digital di masa mendatang.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Telkom Akses sebagai anak usaha Telkom yang mensuport penuh kegiatan kompetisi ini sehingga berjalan dengan baik. Selamat untuk SMK KarNas Kuningan yang terpilih Juara 1 Olimpiade Fiber Optic Nasional tahun ini,” ucap Ferry.

Terpisah, Kepala SMK Karya Nasional Kuningan, Dr H Yepri Esa Trijaka MMPd, merasa bangga karena siswanya kembali meraih prestasi di tingkat Nasional. Terlebih sebelumnya diraih pula Juara 1 oleh Siswa SMK KarNas, dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Nasional Bidang Lomba Automobile Technology yang diraih oleh Muhammad Gaza Al Faruq, siswa Jurusan Teknik Kendaraan Ringan serta juara 3 dan Juara Favorit AHM Best Student Kategori Invensi Tingkat Nasional yang diraih oleh Fikri Fadurohman, siswa kelas XII Teknik Audio Video.

Baca Juga:  Catat Nih Waktunya! Pekan Depan Ada Bursa Kerja untuk Kebutuhan 30 Perusahaan Ternama

“Alhamdulillah atas segala peraihan prestasi nasional yang didapat dalam 2 bulan terakhir ini, membuktikan bahwa keberhasilan ini merupakan jerih payah teman-teman pembimbing dan siswa yang tidak kenal lelah berlatih, sehingga SMK KarNas Kuningan selalu menjadi yang terbaik,” ungkap Yepri.

Cek Juga

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

SiwinduMedia.com – Hari Raya Idul Adha merupakan momentum sangat penting bagi kaum Umat Muslim di …