Bersih-bersih Kali Bareng Kodim 0615/Kuningan, Iip: Mudah-mudahan Jadi Budaya
Pj Bupati Kuningan Dr Drs H Raden Iip Hidajat MPd, memberikan sambutan ketika Apel dalam rangka pelaksanaan kesiapsiagaan penanggulangan bencana banjir yang diinisiasi oleh Kodim 0615/Kuningan, Kamis (7/12/2023). (Foto: Purnomo Widodo/SiwinduMedia.com)

Bersih-bersih Kali Bareng Kodim 0615/Kuningan, Iip: Mudah-mudahan Jadi Budaya

SiwinduMedia.com – Dalam rangka pelaksanaan kesiapsiagaan penanggulangan bencana banjir. Kodim 0615/Kuningan melaksanakan kegiatan pembersihan sungai dan pasar di wilayah teritorial Kodim 0615/Kuningan, Kamis ( 7/12/2023).

Sekitar pukul 07.25 WIB, diawali dengan Apel yang bertempat di depan Toko Sembilan Jalan Syeh Maulana Akbar Nomor 5, Kelurahan Purwawinangun, Kecamatan Kuningan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pj Bupati Kuningan Dr Drs H Raden Iip Hidajat MPd, Kasdim Mayor Inf Uci S Karlan SH, Kapolsek Kuningan AKP H Moch Rifianto SH MH, Kalak BPBD Indra Bayu Permana SSTP, Kasatpol PP Drs Agus Basuki MSi, Kadis LH Kabupaten Kuningan Wawan Setiawan S Hut MT, Para Perwira Staf Kodim 0615/Kng, Para Danramil Jajaran Kodim 0615/Kng, Anggota Kodim 0615/Kng, perwakilan dari Forkopimda dan organisasi kemasyarakatan.

Dengan jumlah peserta sekitar 120 orang, terlihat sangat kompak dan guyub. Adapun sasaran lokasi kegiatan pembersihan yaitu sungai Citamba, Pasar Kepuh, dan Pasar Baru.

Dandim 0615/Kuningan Letkol Inf Bambang Kurniawan SE MA, memimpin langsung Apel sebelum kegiatan menyampaikan, dalam menghadapi musim penghujan kita harus waspada dan berhati-hati.

Baca Juga:  Bakal Viral Nih, Buah Naga 'Sultan' dari Kuningan

“Kalau dulu saya menerima informasi dari anggota, banjir itu terjadi hanya di daerah Cibingbin saja. Sekarang ini, sudah terjadi diberbagai tempat karena faktor warganya tidak bisa menjaga kebersihan,” ucap Bambang.

Kegiatan hari ini adalah bentuk antisipasi, baik
disaat curah hujan yang akan tinggi dan antisipasi penyakit bawaan yang muncul
ketika musim hujan seperti diare, DBD, dan lain-lain.

Ini merupakan tanggung jawab bersama, dari para stakeholder yang ada di Kuningan, seluruh warga masyarakat Kuningan, baik dari Ormas maupun himpunan kelompok lainnya. Untuk berpartisipasi aktif membersihkan lingkungan di wilayahnya.

“Saya sudah memerintahkan Koramil-Koramil, untuk membersihkan di wilayah lingkungannya masing-masing. Ini sebagai bukti bahwa TNI, khususnya Kodim 0615/Kuningan yang selalu peka dan selalu dekat dengan rakyat. Kita selalu berada di tengah-tengah kesulitan rakyat,” ungkapnya.

Anggota Kodim 0615/Kuningan bersama warga, membersihkan aliran sungai Citamba. Sebagai bukti manunggal TNI AD bersama rakyat.
(Purnomo Widodo/SiwinduMedia.com)

Sementara itu Pj Bupati Kuningan, Iip Hidajat dalam sambutannya mengatakan baru empat hari saya memulai kegiatan sebagai seorang Pj Bupati Kuningan.

“Tugas utama saya dalam mengemban Pj Bupati Kuningan ada tiga poin saja, yang pertama memastikan jalannya Pemilu 2024 nanti berjalan lancar, aman, dan berhasil. Yang kedua menjaga kondusifitas, yakni keamanan dan kenyamanan harus dijaga. Dan yang Ketiga meneruskan program-program yang sudah dilaksanakan dari Bupati sebelumnya,” ujar Iip.

Baca Juga:  2.700 Peserta dari Berbagai Kabupaten/Kota Ramaikan Karnaval Budaya West Java Festival 2023

Dimana di dalamnya ada skala prioritas yang harus segera diselesaikan. Seperti stunting, kemiskinan, dan lainnya yang harus menjadi perhatian Pemerintah Daerah.

Iip juga menyampaikan apresiasi kepada jajaran Kodim 0615/Kuningan yang berinisiatif dalam menjaga dan menyiapkan bilamana ada kebencanaan. Mengingat bulan Februari merupakan kulminasi dari musim penghujan. Kebetulan juga pada bulan tersebut ada ajang Pemilu. Jadi harus di mitigasi dari awal, salah satunya kegiatan sekarang ini.

“Saya berharap ini dilakukan dengan ikhlas, bukan sekedar formalitas atau sekedar action saja. Dilakukan dengan hati, jadi kegiatan ini ada nilai ibadahnya. Kelompok Pandarawa misalnya, tidak digaji, tidak menerima uang, dipuji atau tidak dipuji. Ketika melihat sungai penuh dengan sampah, mereka kompak untuk membersihkannya,” pinta Iip.

Masih kata Iip, kegiatan ini mudah-mudahan akhirnya bisa menjadi budaya. Terkait mitigasi bencana, yang perlu diperhatikan terutama di saat pelaksanaan Pemilu nanti.

“Misalnya dalam membuat TPS, ketika hujan aman tidak, banjir tidak. Surat suara ketika akan dikirim, terhalang tidak oleh banjir atau longsor. Jadi semua ini harus disiapkan, jangan menyerah begitu saja. Harus ada upaya, dan harus ada usaha,” tuturnya.

Baca Juga:  17 Pejabat Daerah Berebut 4 Posisi Strategis Birokrat Kuningan

Ia berharap kegiatan ini juga supaya bisa dilakukan rutin dilingkup Kedinasan dan Kewilayahan, seperti Kecamatan, Kelurahan, dan Desa.

“Mulai dari hal-hal yang kecil, misalnya selokan, halaman, dan yang lainnya. Karena dari hal yang kecil, akan menjadi sesuatu yang besar dan mempunyai banyak keberkahan,” imbuhnya.

Cek Juga

PDI-P Sudah Keluarkan Surat Tugas Calon Bupati, Kuningan kepada Siapa?

PDI-P Sudah Keluarkan Surat Tugas Calon Bupati, Kuningan kepada Siapa?

SiwinduMedia.com – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) telah mengeluarkan surat tugas …