Resepsi Nikah Itsbat Massal di Pendopo, Bupati Beri Hadiah untuk Bulan Madu
Bupati Kuningan H Acep Purnama memberikan voucher menginap gratis untuk bulan madu, kepada pengantin nikah Itsbat massal usai dilaksanakan resepsi pernikahan, di Pendopo Kuningan, Kamis (16/11/2023). Foto: Mumuh Muhyiddin/SiwinduMedia.com

Resepsi Nikah Itsbat Massal di Pendopo, Bupati Beri Hadiah untuk Bulan Madu

SiwinduMedia.com – Sebanyak 48 pengantin tampak berbahagia kala mengikuti Resepsi Itsbat Nikah Massal di Pendopo Kuningan, Kamis (16/11/2023). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Itsbat Nikah yang diprakarsai oleh Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, Kementerian Agama, Pengadilan Agama dan Disdukcapil Kuningan.

Sebelumnya, pasangan suami-istri yang berasal dari 20 kecamatan tersebut telah mengikuti sidang itsbat nikah yang dilaksanakan pada 3 November 2023 lalu di Kuningan Islamic Center (KIC).

Bupati Kuningan H Acep Purnama mengucapkan selamat kepada para pasangan yang pernikahannya telah resmi tercatat dan diakui oleh negara (tercatat di KUA), sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Bupati berharap dengan adanya akta nikah, para pengantin lama ini bisa mendapatkan perlindungan dan pengakuan dari negara atas status hukum perkawinan mereka.

“Program itsbat nikah ini untuk memberikan perlindungan status hak sipil, guna meningkatkan tertib administrasi kependudukan, khususnya keabsahan perkawinan yang berdampak langsung kepada status hukum anak. Sehingga akan memberikan hak kepada anak-anak mereka untuk mengurus segala kepentingan administrasi bila kelak diperlukan di kemudian hari,” kata Bupati Acep.

Baca Juga:  Gantikan Hj Ika, Istri Sekda Terpilih Jadi Ketua LKKS Kuningan

Selain itu, Bupati mengapresiasi kerjasama antara LKKS Kuningan dan instansi terkait dalam menyelenggarakan program isbat nikah ini.

“Semoga kedepan akan lebih bersemangat dalam upaya mendukung program-program pemerintah daerah khususnya pembangunan dibidang kesejahteraan sosial,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua LKKS Kuningan Ika Siti Rahmatika, menjelaskan, program itsbat nikah ini bertujuan untuk meningkatkan ketaatan hukum dalam mewujudkan keluarga yang sakinah, mawadah, dan warohmah di Kabupaten Kuningan.

Ika menyebutkan, sejak 2010 hingga 2023, LKKS Kuningan telah berhasil menyelenggarakan sidang isbat nikah bagi 880 pasangan. Pada tahun ini, lanjut Ika, dari 49 pasangan yang telah lulus verifikasi dan validasi secara administrasi oleh Kemenag berhak untuk mengikuti sidang itsbat nikah.

“Dari ke 49 pasangan suami-istri tersebut, hanya 48 pasang pengantin itsbat yang berhak menerima legalitas formal pernikahan. Yakni menerima buku akta nikah dari Kantor Kementerian Agama, serta dokumen kependudukan seperti kartu keluarga, kartu tanda penduduk, akta lahir anak dan kartu identitas anak dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” jelasnya.

Baca Juga:  Memperingati HUT RI ke-78 dan Hari Jadi Kuningan ke-525, LKKS Kabupaten Kuningan Gelar Khitanan Massal dan Donor Darah

Ketua LKKS Kuningan mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Bupati Kuningan, Kemenag, Disdukcapil, Pengadilan Agama,  jajaran Pemerintah Kelurahan/Desa/Kecamatan, Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (Harpi Melati) Kabupaten Kuningan, serta semua pihak atas segala bentuk dukungan yang diberikan dalam penyelenggaraan kegiatan ini sehingga berjalan dengan sukses.

Salah satu pasangan pengantin, Karyadin dan Dedeh asal Desa Sidaraja, Kecamatan Ciawigebang merasa sangat senang dan bersyukur dengan adanya program Itsbat Nikah ini.

“Alhamdulillah pernikahan kami sekarang sudah diakui dan tercatat oleh negara,” ucapnya dengan wajah sumringah.

Dalam kegiatan tersebut, selain mendapatkan dokumen kependudukan, para pengantin mendapatkan paket bingkisan cinderamata dan sembako yang diberikan secara simbolis oleh Bupati Kuningan bersama Ketua LKKS dan Forkopimda.

Bahkan mereka pun diberikan hadiah khusus berupa voucher menginap gratis satu malam di sejumlah hotel, dalam rangka untuk berbulan madu. Tak ketinggalan, dilakukan penyerahan bibit pohon Program Pengantin Peduli Lingkungan (Pepeling).

Cek Juga

PDI-P Sudah Keluarkan Surat Tugas Calon Bupati, Kuningan kepada Siapa?

PDI-P Sudah Keluarkan Surat Tugas Calon Bupati, Kuningan kepada Siapa?

SiwinduMedia.com – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) telah mengeluarkan surat tugas …