5 Siswa SD dari Kuningan Torehkan Prestasi Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Jabar dan Banten
Para siswa SD dari Kuningan didampingi sejumlah guru, foto bersama Kadisdikbud Kuningan U Kusmana, usai raih prestasi dalam ajang FTBI tingkat Jabar dan Banten tahun 2023. (Foto: IST)

5 Siswa SD dari Kuningan Torehkan Prestasi Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Jabar dan Banten

SiwinduMedia.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan patut berbangga diri. 5 Siswa dan Siswi SD dari Kuningan berhasil menorehkan prestasi dalam ajang Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) dan Literasi Tingkat Jawa Barat tahun 2023.

Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat melalui kanal Youtubenya, Rabu malam (15/11/2023) menyiarkan penutupan sekaligus pengumuman pemenang FTBI Jenjang SD dan SMP se-Jawa Barat dan Banten tahun 2023.

Kegiatan yang diselenggarakan dalam bentuk pasanggiri ini, dari 7 mata lomba, Kabupaten Kuningan berhasil meraih 5 mata lomba di FTBI Jenjang SD.

Para siswa dan siswi SD dari Kuningan yang berhasil menorehkan prestasi tersebut, yakni Ananda Asyifa Salsabila (SDN Wano, Japara) Juara Harapan ke-3 Putri pada Lomba Maca Sajak. Lalu, ada Elpira Dwifana Prisilya (SDN1 Cimenga) Juara ke-3 Putri pada Lomba Ngarang Carita Pondok.

Kemudian, Said Siraj (SDN Cipasung, Darma) Juara ke-3 Putra pada Lomba Maca jeung Nulis Aksara Sunda, Marsha Anindyta (SDN 2 Rajadanu) Juara Harapan ke-1 Putri pada Lomba Biantara, dan Lidiya Nazla Mufira (SDN 3 Ciawigebang) Juara ke-2 Putri pada Lomba Borangan.

Baca Juga:  Implementasi Kurikulum Merdeka, SDN Babatan Gelar Workshop Pengembangan Belajar Mandiri

Sedangkan dalam Literasi, beberapa orang staf pelaksana, guru, dan peserta didik yang ada di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, mengikuti Prosesi Penganugerahan Purna Parasamya Aksara Nugraha, yang diselenggarakan oleh Komunitas Pengajar Penulis Jawa Barat (KPPJB).

Kegiatan yang bertempat di Hotel Gino Feruchi, Jalan Kebon Jati Bandung tersebut, merupakan bentuk apresiasi bagi yang telah melahirkan karya tulis dan yang menggerakkan kegiatan literasi.

Adapun yang mengikuti Prosesi Penganugerahan tersebut, diantaranya Nita Juanita SE (Pelaksana Disdikbud Kabupaten Kuningan), H Saiful Amri SPd MPd (Guru SMPN 2 Cimahi), Yayan Sopyan SPd (Guru SMPN 2 Cidahu), dan Dra Hj Lilis Saidah MPd (Guru SMPN 6 Kuningan).

Berikutnya, Indartatik Susilo MPd (Guru SMPN 1 Kalimanggis), Lia M Rahmalia SPdAUD (Guru TKN Pembina Ciawigebang), Lia Lugiawati SPd (Guru TK Tunas Bangsa II Cigadung), serta Sabrina Elysia Maharani (Pelajar SMPN 7 Kuningan).

Kepala Disdikbud Kabupaten Kuningan U Kusmana SSos MSi, kepada SiwinduMedia.com, mengaku dirinya sangat merasa bangga atas raihan prestasi tersebut. Pihaknya mengucapkan selamat kepada semua yang telah berprestasi tersebut, baik di FTBI maupun di Literasi.

Baca Juga:  Dorong Peningkatan Mutu Pendidikan, 247 Fungsional Guru Dialihtugaskan Sebagai Kepala Sekolah

“Semoga ke depannya bisa terus mengharumkan nama Kabupaten Kuningan dengan prestasi yang gemilang,” harap mantan Kepala Diskopdagperin Kuningan yang biasa disapa Uu itu.

Cek Juga

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

SiwinduMedia.com – Hari Raya Idul Adha merupakan momentum sangat penting bagi kaum Umat Muslim di …