Memanas! Sekda Dian Kumpulkan Para Ketua Fraksi DPRD, Soal Pj Bupati?
Ilustrasi berebut Calon Pj Bupati. (Foto: Suara Indonesia)

Pemprov Jabar Usulkan Calon Pj 6 Kepala Daerah, Satu Diantaranya Sekda

SiwinduMedia.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat secara resmi telah mengajukan usulan Calon Penjabat (Pj) Kepala Daerah (Bupati / Wali Kota) di 6 Kabupaten dan Kota. Hanya ada satu nama Sekda yang turut diusulkan sebagai Calon Pj Bupati.

Surat usulan Calon Pj Bupati / Wali Kota untuk 6 Daerah di Jabar, bernomor 9279/OD.03.02/PEMOTDA yang ditandatangani secara elektronik oleh Pj Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin ini, telah dikirimkan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian. Surat tersebut dikirim dari Bandung tertanggal 3 November 2023.

Dalam surat yang telah beredar luas di masyarakat ini, dijelaskan usulan disampaikan berdasar kepada Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3/5737/SJ tanggal 26 Oktober 2023, Perihal Usul Nama Calon Penjabat Bupati/Wali Kota.

Usulan tersebut juga disampaikan berdasarkan ketentuan Pasal 201 ayat (9) dan (11) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota, bahwa untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati/Wali Kota diangkat Penjabat Bupati/Wali Kota dari jabatan pimpinan tinggi pratama.

“Selanjutnya berdasarkan penjelasan Pasal 201 ayat (9) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 bahwa Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati dan Penjabat Wali Kota masa jabatannya 1 tahun dan dapat diperpanjang 1 tahun berikut dengan orang yang sama atau berbeda,” jelas Pj Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin dalam surat itu.

Baca Juga:  1,5 Bulan Lagi Acep Lengser dari Bupati, Pengamat: Pj Bupati Harus Mampu Benahi Kuningan

Dalam hal ini sesuai ketentuan Perundang-Undangan, Pemprov Jabar telah mengusulkan nama-nama Calon Pj Bupati / Wali Kota untuk 6 Daerah di Jabar yang akan mengalami kekosongan jabatan Bupati dan Wakil Bupati / Wali Kota dan Wakil Wali Kota, karena jabatan 6 Kepala Daerah akan berakhir pada Desember 2023 mendatang.

Pemprov Jabar dalam surat tersebut, mengusulkan masing-masing 3 nama Calon Pj Bupati / Wali Kota 6 Daerah. Salah satu nama yang diusulkan ke Mendagri merupakan Sekretaris Daerah (Sekda) setempat.

Adapun nama-nama Calon Pj Bupati / Wali Kota di 6 Daerah dengan masing-masing 3 yang diusulkan itu, yakni Calon Pj Wali Kota Cirebon terdiri dari Drs Benny Bachtiar MSi (Kepala Disparbud Jabar), Ai Saadiyah Dwidaningsih ST MT (Kepala Dinas ESDM Jabar), dan Drs Teppy Wawan Dharmawan SH (Kepala Disnakertrans Jabar).

Untuk Calon Pj Wali Kota Banjar, terdiri dari Dodit Ardian Pancapana ST MSc (Kepala Dinas Kehutanan Jabar), Dr Hj Ida Wahida Hidayati SE SH Msi (Kepala Dinas Sosial Jawa Barat), dan Drs H Yudia Ramli MSi (Direktur BUMD, Badan Layanan Umum Daerah dan Barang Milik Daerah, Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri).

Baca Juga:  Fix! Pj Bupati Kuningan Dipercayakan Mendagri kepada Raden Iip Hidajat

Selanjutnya, Calon Pj Bupati Bogor terdiri dari Dr H Dedi Taufikurohman MSi (Kepala Badan Pendapatan Jabar), Ir Rachmat Taufik Garsadi MSi (Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jabar), dan Dr Indra Maha ST MT (Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Jabar).

Kemudian, Calon Pj Bupati Subang terdiri dari H Sumasna ST MUM (kepala BKD Jabar), Ir Dadan Hidayat MSi (Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jabar), H Asep Nuroni SSos MSi (Sekda Kabupaten Subang).

Berikutnya, Calon Pj Bupati Majalengka terdiri dari Dr H Dedi Supandi SSTP MSi (Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Provinsi Jabar), Drs Asep Sukmana MSi (Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jabar), dan Drs Mochamad Ade Afiandi MT (Kepala Satpol PP Jabar).

Terakhir, Calon Pj Bupati Kuningan yang telah diajukan Pemprov Jabar ke Mendagri RI, terdiri dari Dr Drs H Raden Iip Hidajat MPd (Kepala Bakesbang Pol Jabar), dr Berli Hamdani Gelung Sakti MPPM (Kepala Disdukcapil Jabar), dan H Engkus Sutisna ST MT (Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Provinsi Jawa Barat).

Baca Juga:  Berburu Keberkahan, Karang Taruna Desa Silebu Sajikan Kampung Ramadhan

Dari masing-masing 3 nama yang diusulkan Pemprov Jabar sebagai Calon Pj Kepala Daerah di 6 Kabupaten / Kota, ternyata hanya ada 1 nama yang merupakan Sekda, yakni Sekda Kabupaten Subang H Asep Nuroni SSos MSi. Sedangkan Sekda Kuningan Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi yang sebelumnya digadang-gadang sebagai calon kuat Pj Bupati Kuningan, ternyata tidak tercantum namanya dalam surat usulan tersebut.

Begitu pula 3 nama Calon Pj Bupati yang diusulkan oleh DPRD Kabupaten Kuningan, tidak ada nama Sekda Dian di dalamnya. Ketiga nama Calon Pj Bupati yang diusulkan DPRD, terdiri dari Kepala BPKAD Kuningan Dr H A Taufik Rohman MSi MPd, Sekretaris DPRD Kuningan Dr H Deni Hamdani Ssos MSi, serta Indra Purnama selaku pejabat dari Kemendagri.

Cek Juga

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

SiwinduMedia.com – Hari Raya Idul Adha merupakan momentum sangat penting bagi kaum Umat Muslim di …