Porpemda Jabar XV Siap Digelar di Kuningan, Ini Jadwalnya
Ketua penyelenggara Porpemda Jabar XV sekaligus Kepala Dishub Kuningan, Beny Prihayatno, menyatakan kesiapan kegiatan di Kuningan sebagai tuan rumah. (FOTO: MUMUH MUHYIDDIN/SIWINDUMEDIA.COM)

Porpemda Jabar XV Siap Digelar di Kuningan, Ini Jadwalnya

SiwinduMedia.com – Pekan Olahraga Pemerintah Daerah (Porpemda) Jawa Barat XV Tahun 2023, siap digelar di Kabupaten Kuningan. Sebagai tuan rumah, jajaran panitia pun kini tengah bersiap untuk menyambut tamu dari 27 Kabupaten / Kota se-Jawa Barat.

Event tersebut dijadwalkan berlangsung mulai 25 hingga 29 November 2023 mendatang. Para ASN Pemda se-Jawa Barat itu akan bersaing dalam 15 Cabang Olahraga (Cabor) yang akan ditandingkan di Kuningan.

Ketua Panitia Penyelenggara, Beny Prihayatno SSos MSi yang juga sebagai Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kuningan ini menjelaskan, tema besar kegiatan tersebut, yaitu “Dengan Porpemda, Kita Wujudkan Jabar Juara dan Kebugaran Jasmani, serta Produktivitas Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Provinsi dan Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

“Tema ini mencerminkan komitmen untuk meningkatkan kesehatan fisik dan produktivitas ASN di Jabar. Sebagai tuan rumah, kami siap menyelenggarakan kegiatan ini dengan baik dan lancar,” kata Beny kepada SiwinduMedia.com, Selasa (14/11/2023).

Porpemda Jabar XV Siap Digelar di Kuningan, Ini Jadwalnya
Jajaran panitia penyelenggara saat rapat menyongsong event Akbar Porpemda Jabar XV di Kuningan.

Untuk Cabang Olahraga dan rencana lokasi, Beny menyebutkan, diantaranya Bola Voli akan berlangsung di Lapangan Bola Voli SMAN 1 Jalaksana, Bulu Tangkis di GOR Bulu Tangkis Andri Musthi Kuningan, Billiard di Gedung Billiard Barakuda Kuningan, Bola Basket di GOR Ewangga Kuningan, dan Catur di Kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Baca Juga:  Atlet Basket Pemda Kuningan Siap Hentakkan Porpemda Jabar 2023

Untuk Futsal, akan digelar di Lapangan Futsal Abah Maja Kelurahan Winduhaji Kuningan, Tenis Meja di Aula Uniku, Tenis Lantai di Lapangan Tenis KORPRI Kabupaten Kuningan, dan Senam akan digelar di Aula/GOR SMKN 3 Kuningan. Sementara untuk Gerak Jalan akan dimulai dari Start Pandapa Kuningan dan Finish di KIC Kuningan, Golf berlangsung di Lapangan Golf Ciperna Kabupaten Cirebon, dan Hadangan di Gedung Serbaguna BKPSDM Kabupaten Kuningan.

“Ada juga cabang olahraga seperti Egrang, Tarumpah Panjang, dan Sumpitan yang akan diselenggarakan di Lapangan Sepak Bola Desa Cikaso Kecamatan Kramatmulya,” terang Beny.

Beny mengatakan, tujuan Porpemda adalah meningkatkan tali silaturahmi antar ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Barat. Selain itu, juga bertujuan untuk mendorong ASN ahar dapat berolahraga secara teratur dan berkesinambungan, serta menanamkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam olahraga bagi ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota di Jabar.

“Untuk sasaran peserta dalam Porpemda XV Jawa Barat Tahun 2023 ini adalah CPNS, ASN, dan PPPK Pemerintah Daerah di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Jawa Barat (tidak termasuk CPNS/ASN dan PPPK Pusat/Pertikal dan sebagainya, yang diperbantukan). CPNS, ASN, dan PPPK di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga akan berpartisipasi sebagai kontingen Pemprov,” jelasnya.

Baca Juga:  Akademi Sepak Bola Easga FC, Siap Cetak Pesepakbola Profesional di Kuningan

Dia menambahkan, untuk pendaftaran peserta, tahap 1 telah dimulai pada 22 September hingga 16 Oktober 2023 berdasarkan cabang olahraga dan nomor pertandingan. Tahap 2, pendaftaran telah dilakukan mulai 23 Oktober hingga 6 November 2023, berdasarkan nama peserta dari setiap kontingen beserta nomor dan cabang olahraga yang diikuti.

“Untuk tahap 3 adalah keabsahan atlet dengan melampirkan KTP dan Karpeg Asli untuk pengambilan ID Card, berlangsung mulai tanggal 13 hingga 18 November 2023. Pendaftaran peserta dapat dilakukan di Sekretariat Gedung Korpri Kabupaten Kuningan, Jalan RE Martadinata Nomor 525 Desa Ancaran Kabupaten Kuningan,” terangnya.

Melalui Porpemda Jawa Barat XV Tahun 2023, Beny berharap akan menjadi wadah penting untuk meningkatkan semangat olahraga dan kerjasama antar wilayah di Jawa Barat, serta mempromosikan hidup sehat di kalangan ASN dan PPPK.

“Semua pihak berharap bahwa kegiatan olahraga yang digelar di Kabupaten Kuningan ini akan berjalan lancar dan sukses,” pungkasnya.

Cek Juga

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

SiwinduMedia.com – Hari Raya Idul Adha merupakan momentum sangat penting bagi kaum Umat Muslim di …