Kegiatan Rutin, Baraya 85 Sukses Khitan 57 Anak dari 15 Desa
Bupati Kuningan H Acep Purnama foto bersama pengurus Yayasan Baraya 85 juga perwakilan anak sunat, usai kegiatan Khitanan Massal, Oktober 2023. (FOTO: IST)

Kegiatan Rutin, Baraya 85 Sukses Khitan 57 Anak dari 15 Desa

SiwinduMedia.com – Yayasan Baraya Dalapan Lima sukses menggelar Bakti Sosial V berupa Sunatan Massal. Kegiatan telah dilaksanakan 28 Oktober 2023 di Desa Kaliaren Kecamatan Cilimus.

Kegiatan yang berlangsung lancar semarak dan meriah, terlebih dihadiri langsung Bupati Kuningan H Acep Purnama.

Baksos kali ini terselenggara dengan jumlah peserta 57 anak dari 15 Desa di 3 Kecamatan, yakni Kecamatan Cilimus, Kecamatan Cigandamekar dan ada yang berasal dari Kecamatan Garawangi.

Dengan sebaran peserta yang ada, tidak menampung semua calon peserta, karena panitia saat ini menekankan pada segi peningkatan kualitas terselenggaranya acara. Hal itu disampaikan ketua panitia Ehat Ruchiat dalam laporannya.

Panitia menyampaikan ucapan terima kasih atas segala kontribusi dari berbagai pihak dan permohonan maaf dalam segala kekurangan dalam penyelenggaraan. Tidak lupa menyampaikan harapan agar 2 tahun mendatang dapat terselenggara kembali kegiatan Baksos ini.

Kedatangan peserta sunat disambut oleh penampilan Sisingaan dan rudat yang berasal dari Desa Kaliaren. Peserta sunat diberi kesempatan untuk diarak dan kemudian pengambilan dokumentasi di fotobooth, sebagai bagian dari kenangan kenangan bagi keluarga peserta sunat.

Baca Juga:  Awirarangan Adventure Charity (AADC), Gaet Para Off-Roader Bantu Masjid Al Muttaqin

Baraya sebagai komunitas alumni SMPN Cilimus tahun 85, telah menyelenggarakan Sunatan Massal ini untuk kali ke lima. Dari total pelaksanaan tersebut telah dikhitan lebih kurang 370 anak.

Demikian hal itu disampaikan Yayan Henri Danisukmara selaku Ketua Yayasan Baraya Dalapan Lima dalam sambutan di depan Bupati Kuningan. Lebih lanjut bahwa Baraya tidak hanya sebatas Sunatan Massal dalam kegiatannya. Lainnya adalah Baraya Yatim, Baraya Cendekia, Baraya Romadon Peduli, dan Jumat berkah.

“Untuk semua kegiatan tersebut adalah swadaya dari Baraya dalam pemenuhan biayanya,” sebut Yayan.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Baraya Dalapan Lima H Khaerul Anwar, berharap agar Baraya tetap dapat menjaga kepedulian serta menjalin silaturahim dalam berbagai hal.

“Dalam kehidupan sebagai insan sosial dengan bertambahnya usia, maka harus tetap menjaga semangat untuk niat berbuat baik dan sikap kepedulian tersebut harus tetap terjaga,” harap Khaerul.

Hal tersebut sejalan dengan sambutan Bupati Kuningan yang berkesempatan hadir dalam acara Baksos Baraya. Pembangunan Kuningan di samping sektor ekonomi seperti peningkatan infrastuktur untuk mencapai kesejahteraan masyarakat, kata Bupati, perlu juga perimbangan dalam pembangunan sosial kemasyarakatan, seperti yang dilakukan oleh Yayasan Baraya.

Baca Juga:  Yayasan Baraya 85 Siap Gelar Baksos V Sunatan Massal 2023

Sebagai komunitas alumni, sebut Acep Baraya 85 sejauh ini telah turut serta dalam kiprah pembangunan sosial kemasyarakatan. Namun jangan ada yang melihat kegiatan tersebut besar atau kecilnya, tetapi tampilnya semangat kepedulian, mengingat hal itu merupakan sesuatu yang luar biasa.

“Semoga ke depannya Baraya semakin solid sebagai motivasi bagi generasi muda, dimana disaat yang bersamaan kita ini sedang memperingati Hari Sumpah Pemuda. Semoga akan timbul Baraya Baraya yang lainnya untuk membantu kehidupan bermasyarakat di kabupaten Kuningan,” pesan Bupati.

Dalam kegiatan ini, cukup banyak doorprize yang dibagikan kepada masyarakat, untuk menjadi nilai tambah kebanggaan lain, terlebih keterlibatan Baraya sudah mencakup tataran Nasional.

Ini dibuktikan dengan partisipasi yang datang dari berbagai kota, Samarinda, Balikpapan, Surabaya, Kendari dan juga Jabodetabek. Selain itu banyak pihak yang ikut berkontribusi dalam bentuk penyertaan produknya, dari mulai Indofood, Artaboga, Wings, teh Tongji, teh Poci, Telkomsel, dan lain sebagainya.

Cek Juga

Banyak Pihak Menyayangkan Thony Indra Gunawan Mundur dari Pencalonan Bupati Kuningan

Banyak Pihak Menyayangkan Thony Indra Gunawan Mundur dari Pencalonan Bupati Kuningan

SiwinduMedia.com – Thony Indra Gunawan adalah salah satu kandidat Bakal Calon Bupati Kuningan pada Pilkada …