Jelang Berbuka Puasa, Banjir Bandang Terjang Desa Jamberama Kuningan
Banjir bandang tiba-tiba terjang Desa Jamberama Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan, menjelang waktu berbuka puasa, Sabtu sore (25/3/2023). FOTO : SCREENSHOT VIDEO/SIWINDU.ID

Jelang Berbuka Puasa, Banjir Bandang Terjang Desa Jamberama Kuningan

SiwinduMedia.com – Musibah bencana alam kembali terjadi di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Menjelang waktu berbuka puasa di hari ketiga Ramadhan 1444 H, Sabtu (25/3/2023) sore, warga Desa Jamberama Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan Jawa Barat, dikejutkan dengan terjangan banjir bandang.

Dari laporan sementara yang disampaikan aparat desa setempat kepada pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, banjir bandang menerjang sejumlah titik di Dusun Cilimus RT 02, 03 dan 04, RW 01 Desa Jamberama. Banjir terjadi sekitar pukul 15.48 WIB hingga menjelang waktu berbuka puasa.

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana, kepada Siwindu.id mengatakan, pihaknya langsung meluncur ke lokasi bencana untuk melaksanakan perbantuan. Meski belum sepenuhnya tertangani, Ia bersyukur karena tidak ada korban jiwa akibat terjadinya banjir tersebut.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Petugas kami tadi sudah meluncur ke lokasi banjir,” kata Ibe, panggilan akrabnya.

Dijelaskan Ibe, banjir tersebut terjadi akibat aliran sungai di wilayah setempat meluap, hingga mengakibatkan air dan lumpur masuk ke pemukiman warga dusun Cilimus Desa Jamberama. Terdapat 12 rumah yang diterjang banjir, yakni atas nama Soma (4 jiwa), Yayat (3 jiwa), Rusta (4 jiwa), Sanwidi (4 jiwa), Sarjuni (4 jiwa), Tardi (5 jiwa), Malih (4 jiwa), Juhri (2 jiwa), Kana (5 jiwa), Ajo (3 jiwa), Sarju (3 jiwa), dan Adit (4 jiwa).

Baca Juga:  Masa Kampanye Pemilu 2024, Bawaslu Kuningan Tertibkan 4 Ribuan APK 'Nakal'

“Kronologisnya, hujan intensitas sedang hingga lebat mengguyur Desa Jamberama dari pukul 13.00 sampai pukul 18.00 WIB, mengakibatkan banjir bandang,” jelasnya.

Upaya penanganan dilakukan berbagai pihak, diawali dari aparat desa yang langsung berkoordinasi dengan pihak Kecamatan, TNI, Polri dan BPBD Kabupaten Kuningan. Aparat desa dibantu masyarakat membersihkan material lumpur yang masuk ke rumah-rumah warga.

“BPBD Kuningan sementara memberikan bantuan 5 paket sembako melalui Pak Camat Selajambe. Cuaca saat ini hujan gerimis, dan banjir sudah surut pukul 17.17 WIB,” tutur Ibe.

Lebih lanjut Ibe mengungkapkan, saat ini BPBD Kuningan terus berkoordinsai dengan aparat Desa Jamberama. Pihaknya berencana akan melakukan pengerahan massa untuk pembersihan material banjir bandang keesokan harinya, Minggu (26/3/2023).

Selain di Desa Jamberama, banjir juga terjadi di Desa Ciberung Kecamatan yang sama. Akibatnya, Jembatan Gantung penghubung Dusun Walahar Desa Ciberung Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan dengan Desa Citapen Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis,terputus. Jembatan tersebut merupakan jalur alternatif penghubung dua kabupaten, Kuningan dan Ciamis.

Baca Juga:  Diduga Dibunuh, Bos Pengusaha Air di Perumahan Puri Asri 3 Kelurahan Ciporang Ditemukan tak Bernyawa dengan Bercak Darah

Cek Juga

Sekolah 'Keukeuh' Study Tour, Kadisdik: Penuhi Dulu Persyaratannya

Sekolah ‘Keukeuh’ Study Tour, Kadisdik: Penuhi Dulu Persyaratannya

SiwinduMedia.com – Atas kecelakaan bus di jalanan Ciater, Subang, Jawa Barat, yang mengangkut rombongan pelajar …