Hingga Akhir Oktober 2023, Puluhan Desa di Kuningan "Disiram" Air Bersih Hingga 2 Juta Liter
Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Indra Bayu Permana, saat terjun langsung dalam pendistribusian air bersih untuk mengantisipasi bencana kekeringan, Selasa (23/10/2023). FOTO: MUMUH MUHYIDDIN/SIWINDUMEDIA.COM

Hingga Akhir Oktober 2023, Puluhan Desa di Kuningan “Disiram” Air Bersih Hingga 2 Juta Liter

SiwinduMedia.com – Menjelang akhir Oktober 2023 dalam rangka siaga kekeringan kebakaran hutan dan lahan, telah bertambah sebanyak 17 desa di Kuningan yang mendapatkan “siraman” air bersih. Sehingga total mencapai 2 juta liter.

Menurut Kepala Pelaksana (Kalaks) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Indra Bayu Permana SSTP, Pemda Kabupaten Kuningan melalui BPBD akan meneruskan distribusi air bersih kepada desa yang wilayahnya terdampak kekeringan, atau mengalami kekurangan air bersih.

Sebagaimana disampaikan sebelumnya, Indra Bayu kembali menjelaskan mulai September 2023, BPBD telah melaksanakan distribusi air bersih. Dimulai pada ahap 1 distribusi air kepada 7 desa terdampak, tahap 2 kepada 8 desa, dan tahap 3 kepada 12 desa terdampak. Sehingga total sebanyak 21 desa.

“Setelah melihat situasi kondisi dan laporan dari beberapa desa, menjelang akhir Oktober ada penambahan desa yang mengajukan permohonan untuk dibantu penyediaan air bersih. Tambahan desa yang terdampak sejumlah 5 desa, sehingga total jumlah desa yang melaporkan atau terdampak sejumlah 16 desa,” jelas Indra, kepada SiwinduMedia.com, Selasa (24/10/2022).

Baca Juga:  Melalui BPBD, Pemda Kuningan Ajak Masyarakat Siap Siaga Bencana

Atas dasar pertimbangan tersebut, lanjut Indra, BPBD Kabupaten Kuningan akan melaksanakan distribusi air bersih tahap 4 kepada 17 desa terdampak. Adapun desa tersebut antara lain 7 Desa di Kecamatan Cimahi, meliputi Desa Cimulya, Desa Cileuya, Desa Rambatan, Desa Kananga, Desa Cimahi, Desa Mekarjaya, dan Desa Margamukti.

Kemudian 10 Desa lainnya, meliputi Desa Cihanjaro dan Simpayjaya Kecamatan Karangkancana, lalu Desa Mekarjaya dan Cihaur Kecamatan Ciawigebang, Desa Tugumulya Kecamatan Darma, Desa Kalimanggis Wetan Kecamatan Kalimanggis, Desa Sukadana dan Desa Cibeureum Kecamatan Cibeureum, serta Desa Ciwaru Kecamatan Ciwaru.

Distribusi air tahap 4 dilaksanakan mulai 23 Oktober 2023 hingga 1 November 2023. Untuk pengiriman direncanakan setiap hari sejumlah 15 ribu liter.

Adapun air bersih yang telah didistribusikan oleh BPBD sejumlah 402 ribu liter. Selain dari BPBD juga sudah ada pihak lain yang turut membantu terkait bantuan air bersih tersebut, dari mulai Polres Kuningan, Kodim 0615/Kuningan, PAM Tirta Kemuning, BUMD, PMI, Baznas, PCNU, MDMC, BRI, Bank BJB, PT Charon Phokpan, relawan donatur, dan pihak swasta lainnya yang melaksanakan distribusi secara mandiri.

Baca Juga:  Atasi Kekeringan, BPBD dan Baznas Kuningan Distribusikan Air Bersih untuk 3.915 KK dan 8.527 Jiwa

“Total yang sudah didistribusikan semua pihak sekitar 2 juta liter,” pungkas Indra.

Cek Juga

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

SiwinduMedia.com – Sejumlah masyarakat Desa Kadatuan Kecamatan Garawangi menggelar deklarasi dukungan kepada H Yanuar Prihatin …