Puluhan Anak TK Diedukasi Penanganan Kebakaran dari Kompor Gas LPJ
Petugas UPT Pemadam Kebarakan Kuningan memeragakan cara menangani kebocoran gas elpiji 3 kg yang menyebabkan terjadi kebakaran, kepada anak-anak TK Negeri Karoya Kecamatan Cipicung. FOTO : PURNOMO WIDODO/SIWINDU.ID

Puluhan Anak TK Diedukasi Penanganan Kebakaran dari Kompor Gas LPJ

SiwinduMedia.com – Puluhan anak TK Negeri Karoya Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan, berkunjung ke kantor UPT Damkar Satpol PP Kuningan, Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (9/3/2023).

Kunjungan mereka disambut baik jajaran petugas pemadam kebakaran, terlebih para anak TK ini didampingi langsung pihak sekolah dan juga para orang tua masing-masing.

Dengan penuh kegembiraan, anak-anak TK ini langsung mengikuti pembelajaran / edukasi dari pihak Damkar, terkait penanganan kebakaran, khususnya cara-cara efektif menangani kebocoran tabung gas elpiji yang berakibat terjadinya kebakaran.

Menurut Kepala UPTD Damkar Satpol PP Kuningan, Mh Khadafi Mufti, edukasi tersebut dilaksanakan atas sejumlah ketentuan. Diantaranya, Peraturan Daerah Kabupaten Kuningan Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan, Peraturan Daerah Nomor 08 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran di Kabupaten Kuningan, dan Peraturan Daerah Kabupaten Kuningan Nomor 02 Tahun 2022 tentang Perubahan Peraturan Daerah Nomor 02 Tahun 2011 tentang Pemeriksaan Alat Pemadam Kebakaran.

Disamping itu juga atas dasar Surat Edaran Bupati Kuningan No.300/210/Satpol PP Per tanggal 22 Januari 2022 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran di Kabupaten Kuningan, dan atas adanya surat permohonan dari Kepala TK Negeri Nurul Huda Karoya, tertanggal 09 Maret 2023 Nomor 15/TKN NH/IIl/2023 Perihal Izin Kunjungan Edukasi.

Baca Juga:  Jelang Idul Fitri, Produsen Madu Kuningan Siapkan Beragam Parcel Unik Tapi Murah

“Kita ada surat permintaan dari pihak TK Negeri Karoya. Ada sebanyak 25 siswa, mereka didampingi orang tua murid 20 orang dan guru 5 orang,” kata Khadafi kepada Siwindu.id usai kegiatan berlangsung.

Dalam kegiatan edukasi itu, kata Khadafi, pihak Damkar memfasilitasi dan memberikan ilmu pembelajaran terkait tema Air, Udara dan Api beserta tugas Pemadam Kebakaran. Disamping juga memberikan edukasi tentang Bahaya Kebakaran serta cara mengatasi kebocoran dari tabung Gas LPG kepada orang tua murid oleh anggota UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan.

“Waspadai juga selain penyebaran virus Covid 19, waspada terhadap segala jenis potensi kebakaran dan jenis kedaruratan lainya,” pesan Khadafi.

Sementara itu, salah satu orang tua siswa, Nining Suniah (26), mengaku senang bisa berkunjung ke kantor Damkar. Ia senang karena mendapat ilmu terkait penanganan kebakaran, terutama yang berakibat dari kebocoran tabung gas elpiji di rumah.

“Alhamdulillah senang banget. Kita jadi tahu bagaimana jika terjadi kebakaran dari tabung gas elpiji di dapur, penanganannya bagaimana. Anak-anak juga jadi tahu caranya seperti apa,” ujar Nining.

Baca Juga:  Rampak Genjring si Windu Jadi Penampil Kabupaten Kuningan, di Gelaran MTQ ke-38 Provinsi Jawa Barat

Cek Juga

Perkuat Tridarma Perguruan Tinggi, Unisa dan Trisakti Jalin Kerjasama

Perkuat Tridarma Perguruan Tinggi, Unisa dan Trisakti Jalin Kerjasama

SiwinduMedia.com – Universitas Islam Al-Ihya (Unisa) Kuningan dan Universitas Trisakti sepakat menggelar kerjasama. Hal itu …