Gerhana Matahari Cincin 14-15 Oktober, Berikut ini Wilayah Yang Dilewatinya
Gerhana cincin kali ini tidak akan menggelapkan langit seperti gerhana Matahari total pada 21 Agustus 2017. (Foto: Kompas.com)

Gerhana Matahari Cincin 14-15 Oktober, Berikut ini Wilayah Yang Dilewatinya

Siwindumedia.com – Gerhana Matahari cincin akan menjadi salah satu fenomena astronomis yang terjadi di bulan ini, tepatnya pada tanggal 14-15 Oktober 2023.

Saat terjadi gerhana Matahari cincin, Bulan akan tampak sedikit lebih kecil dari Matahari, sehingga tidak dapat menutupi seluruh piringan. Hasilnya akan terlihat “cincin api” yang indah, menurut Space, Sabtu (14/10/2023).

Gerhana cincin kali ini tidak akan menggelapkan langit seperti gerhana Matahari total pada 21 Agustus 2017.

Gerhana Matahari Cincin Api merupakan fenomena saat Bulan berada di titik terjauh orbitnya. Dengan begitu membuat Bulan tidak bisa menghalangi sepenuhnya permukaan Matahari. Cahaya yang tertinggal itu mengelilingi Bulan, yang terlihat layaknya cincin api.

Pada fenomena akhir pekan ini, Gerhana Matahari Cincin Api akan terlihat di sejumlah wilayah Amerika Utara dimulai pada 12:13 ET (11:13 WIB) hingga 13:03 ET (00:03 WIB 15 Oktober 2023). Seperti pantai Oregon ke Pantai Teluk Texas, Oregon, Nevada, Utah, New Mexico, dan Texas. Selain itu gerhana juga bisa dilihat di beberapa wilayah California, Idaho, Colorado, dan Arizona.

Baca Juga:  Tak Bisa Dilihat di Indonesia, Jelang Idul Fitri Bakal Terjadi Gerhana Matahari

Selain Amerika Utara, fenomena gerhana ini bisa juga dilihat di Meksiko, Belize, Honduras, Panama, dan Kolombia. Nantinya akan berakhir di lepas pantai Atlantik Amerika Selatan di Natal, Brasil.

Meskipun tidak bisa langsung dilihat di langit Indonesia.

Masyarakat Indonesia masih bisa menyaksikan Gerhana Matahari Cincin Api ini melalui siaran langsung yang disiapkan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Lembaga itu akan menyiarkan penampakan dari Albuquerque, New Mexico, Kirbyville, Texas, dan White Sands.

Siaran langsung akan dimulai pada 14 Oktober 2023 pukul 11:30 ET atau 22:30 WIB. Masyarakat dapat menontonnya di beragam kanal milik NASA, mulai dari website resmi dan aplikasi NASA.

Selain itu Gerhana Matahari Cincin Api juga akan disiarkan di sejumlah akun resmi media sosial mili NASA. Yakni X atau Twitter (https://twitter.com/nasa), Facebook (https://www.facebook.com/events/257401430535836), dan Youtube (https://www.youtube.com/watch?v=LlY79zjud-Q).

Cek Juga

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

SiwinduMedia.com – Sejumlah masyarakat Desa Kadatuan Kecamatan Garawangi menggelar deklarasi dukungan kepada H Yanuar Prihatin …