BMKG Sebut Majalengka Sebagai Kota Terpanas di Indonesia
Khususnya pada siang hari, suhu di Majalengka mencapai 37,4 derajat Celcius. (Foto: Istimewa)

BMKG Sebut Majalengka Sebagai Kota Terpanas di Indonesia

Siwindumedia.com – Majalengka, Jawa Barat, menjadi kota terpanas di Indonesia berdasarkan pantauan 20 stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di beberapa wilayah di Indonesia.

Plt Kepala BMKG Kertajati, Majalengka, Ahmad Faa Iziyn mengatakan bahwa saat ini rata-rata suhu maksimum di wilayah Majalengka, khususnya pada siang hari, mencapai 37,4 derajat Celcius.

Adapun wilayah BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati mencakup Ciayumakajuning (Kota/Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan) dan Sumedang. Di antara daerah-daerah tersebut, suhu udara yang lebih tinggi terjadi di Cirebon, Indramayu dan Majalengka.

Menurutnya, suhu tersebut adalah suhu tertinggi berdasarkan pantauan 20 stasiun BMKG di sejumlah daerah pada Jumat (6/10/2023). “Dari hasil pengamatan, suhu maksimum di Majalengka merupakan yang tertinggi,” kata Ahmad, Sabtu (7/10/2023).

Ahmad menyebutkan, sepekan yang lalu, suhu udara maksimum di Cirebon, Indramayu dan Majalengka mencapai 38 derajat C. Suhu maksimum pada tahun ini tercatat lebih panas dibanding September 2022 yang mencapai 36 derajat celsius.

Faiz mengungkapkan, masyarakat saat ini merasakan suhu udara yang panas dan menyengat pada siang hari. Menurutnya, hal itu diakibatkan minimnya tutupan awan saat siang hari.

Baca Juga:  Akses Jalan Penghubung Antara Majalengka-Kuningan Amblas Hingga Terancam Putus

Selain itu, lanjut Ahmad, pergerakan semu matahari pada akhir September sampai dengan pertengahan Oktober, posisinya tepat di atas Indonesia, terutama di atas wilayah Pulau Jawa. “Didukung juga oleh faktor lokal serta lingkungan sekitar sehingga suhu udara lebih panas,” kata Ahmad.

Menghadapi cuaca panas seperti sekarang, Ahmad mengimbau agar masyarakat selalu menjaga kesehatan. Di antaranya, dengan menjaga kecukupan kebutuhan cairan tubuhnya sehingga tidak mengalami dehidrasi, kelelahan, dan dampak buruk lainnya akibat suhu panas.

Cek Juga

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

SiwinduMedia.com – Hari Raya Idul Adha merupakan momentum sangat penting bagi kaum Umat Muslim di …