Gerindra-Demokrat CLBK, Basis Pendukung Prabowo Dinilai Makin Kuat di Pilpres 2024
Dukungan Partai Demokrat bergabung bersama Gerindra di Koalisi Indonesia Maju mengusung calon presiden (capres) Prabowo Subianto membawa dampak positif. (Foto: Dok. Istimewa)

Gerindra-Demokrat CLBK, Basis Pendukung Prabowo Dinilai Makin Kuat di Pilpres 2024

Siwindumedia.com – Pengamat politik dari Universitas Padjadjaran, Ari Ganjar Herdiansah menilai dukungan Partai Demokrat untuk bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto berdampak positif.

Dukungan partai berlambang mercy tersebut dianggapnya bisa menyumbang tambahan suara untuk Prabowo di Pilpres 2024.

Partai Demokrat sendiri membawa 54 kursi atau 9,41% suara nasional untuk mendukung koalisi Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

“Bisa memberikan tambahan suara, indikasinya Demokrat dapat 9 persen suara di 2019 dan diperkirakan dapat 9-11 persen di 2024,” kata Ari dalam keterangannya dikutip Selasa (19/9/2023).

Ari juga melihat bahwa dukungan itu juga turut meningkatkan kepercayaan publik terhadap Prabowo. Terlebih, Pernyataan Susilo Bambang Yudhoyono selaku Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat yang siap turun gunung memenangkan Prabowo memiliki arti yang sangat jelas soal arah politik Demokrat.

“Tambahan ini signifikan tentunya ketika Demokrat bisa mengarahkan pemilihnya pada Prabowo,” imbuhnya.

Hubungan kedekatan antara Prabowo dan SBY dinilai menjadi modal kembalinya cinta Demokrat kepada Gerindra.

Menurut Ari, soliditas antara keduanya memang betul sedikit banyak disebabkan karena hubungan harmonis antara tokoh dari masing-masing partai.

Baca Juga:  Janji Anies-Cak Imin Jika Terpilih, Bakal Ada Cuti Melahirkan untuk Ayah

“Soliditas antara Demokrat dan Gerindra akan ditentukan dari relasi keduah tokoh terebut (Prabowo dan SBY),” pungkasnya.

Sebelumnya, Partai Demokrat dipastikan mendukung bakal calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang langsung menyampaikan dukungan itu di depan Prabowo.

“Saya yakini dengan izin Allah masa pak Prabowo untuk memimpin kita semua adalah melalui pilpres yang akan datang,” kata SBY sebagaimana dikutip Suara.com melalui akun Instagram @amanatnasional pada Senin (18/9/2023).

Dalam kesempatan yang sama, SBY juga mengaku siap turun gunung untuk memenangkan mantan Danjen Kopassus tersebut di Pilpres 2024.

“For you saya siap turun gunung,” ucapnya.

Cek Juga

Wakili Kaum Muda, Thony Indra Gunawan Daftar Calon Bupati Kuningan ke PKB dan P3

Wakili Kaum Muda, Thony Indra Gunawan Daftar Calon Bupati Kuningan ke PKB dan P3

SiwinduMedia.com – Perhelatan Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Kuningan semakin mendekat. Banyak tokoh yang telah …