Golkar-PAN Klaim Bakal ada Satu Partai di Parlemen Gabung Koalisi
Airlangga hanya mengatakan ciri-ciri dari partai itu memiliki warna identitas yang serupa dengan salah satu partai di KIM. (Foto: CNN Indonesia)

Golkar-PAN Klaim Bakal ada Satu Partai di Parlemen Gabung Koalisi

Siwindumedia.com – Partai Golkar dan PAN memberikan sinyal bahwa akan ada satu partai politik di parlemen yang akan bergabung kedalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mengusung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Kabar tersebut muncul saat pertama kali diungkap Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. Ia mengatakan koalisi masih menunggu satu partai politik lagi yang akan masuk ke KIM.

“Yang penting kita tunggu ada satu partai lagi dulu masuk,” ujar Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Kamis (14/9/2023) malam.

Airlangga tidak membeberkan secara rinci partai apa yang akan bergabung dengan KIM. Dia hanya mengatakan ciri-ciri dari partai itu memiliki warna identitas yang serupa dengan salah satu partai di KIM.

“Ciri-cirinya, warnanya sudah ada di koalisi ini,” ungkapnya.

Di sisi lain, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Fikri Yasin juga membenarkan pernyataan Airlangga terkait akan ada satu partai lagi yang akan bergabung dengan KIM.

Namun, sama seperti Airlangga, Fikri juga enggan membocorkan identitas parpol yang bakal ikut mendukung Prabowo Subianto itu. Ia juga memberi kode bahwa partai tersebut ada di parlemen saat ini.

Baca Juga:  Gaspool! Hanyen Tenggono Ajak Anak Muda Diskusi Politik Masa Depan

“Betul ada sinyal akan ada partai yang merapat ke koalisi capres Prabowo. Soal warna, kawan-kawan sudah tahu, karena kalau saya infokan, nanti tidak surprise lagi,” kata Fikri saat, Jumat (15/9/2023).

“Saya tidak sebut nama partai. Tapi partai parlemen,” imbuhnya.

Perlu diketahui, saat ini ada sembilan parpol di Parlemen, yaitu PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, dan NasDem. Lalu, PAN, PPP, Demokrat, dan PKS.

PDIP bersama PPP mengusung Ganjar Pranowo. Kemudian, Gerindra, PAN, Golkar mengusung Prabowo Subianto.

Sementara, NasDem, PKB, PKS mengusung Anies Baswedan. Saat ini tinggal Demokrat yang belum mengumumkan pilihannya setelah keluar dari koalisi pendukung Anies.

Cek Juga

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

SiwinduMedia.com – Hari Raya Idul Adha merupakan momentum sangat penting bagi kaum Umat Muslim di …