Akibat ulah Orang tidak Bertanggung Jawab, Lahan Milik PT B&K Inves Seluas 5 Hektar Hangus Terbakar
Petugas Damkar melakukan pendinginan dilahan yang terbakar milil PT B&K Inves. Senin, (11/9/2023). Foto : IST

Akibat ulah Orang tidak Bertanggung Jawab, Lahan Milik PT B&K Inves Seluas 5 Hektar Hangus Terbakar

SiwinduMedia.com – Lahan seluas 5 Hektar milik PT B&K Inves yang berlokasi di perbatasan Desa Pasayangan dan Desa Manggari Blok Pasir Kuda Kecamatan Lebakwangi hangus terbakar, Senin (11/9/2023).

Menurut keterangan saksi atas nama Sudari (59), selaku Kasi Pemerintahan Desa Manggari, memaparkan saat dirinya sedang di Kantor Desa Manggari bersama rekannya Ade Imam, sekitar pukul 12.30 WIB ia melihat ke arah sebelah timur dari kaca kantor desa lantai dua terlihat kepulan asap dan silalatu yang berterbangan dari arah lahan milik PT B&K Inves.

Karena penasaran, Sudari dan Ade memeriksa ke arah lokasi tersebut. Setelah tiba di lokasi, didapati lahan milik PT B&K Inves terbakar. Melihat kejadian tersebut Sudari memanggil pengurus kebun dan perangkat desa lainnya untuk memadamkan api yang menjalar dengan cepat.

Khawatir kebakaran semakin meluas, Ade Imam melaporkan kejadian kebakaran ini kepada UPT Damkar Kuningan untuk meminta bantuan memadamkan api tersebut.

Setelah laporan dari Ade Imam di terima, tak butuh waktu lama UPT Damkar Kuningan langsung menerjunkan anggota piket regu 2 sebanyak 7 orang berangkat ke lokasi kebakaran menggunakan 2 unit KR 4.

Baca Juga:  Keseimbangan Hidup Petugas Damkar, Antara Hamba Tuhan dan Sesama Manusia

Tiba di lokasi, dalam memadamkan kobaran api anggota Damkar dibantu oleh anggota Polsek Lebakwangi, Aparat Desa Manggari serta warga sekitar. Hingga akhirnya api dapat dipadamkan sekitar pukul 14.40 WIB (± 1 jam 20 menit)

Setelah pendinginan, dilakukan pengumpulan bukti dan keterangan para saksi di tempat tersebut.

“Dari luas lahan 14 hektar, sekitar 5 hektar yang terbakar. Dengan penyebab kebakaran diduga karena ada seseorang yang tidak bertanggung jawab membakar ilalang saat sedang mencari kayu bakar. Setelah itu ditinggalkan begitu saja, hingga akhirnya api merambat kemana-mana,” kata Kepala UPT Damkar Khadafi Mufti.

Cek Juga

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

SiwinduMedia.com – Sejumlah masyarakat Desa Kadatuan Kecamatan Garawangi menggelar deklarasi dukungan kepada H Yanuar Prihatin …