Inspiratif! Kisah Siswa SMK Raup Rp100 Juta per Bulan dari Jualan Sayuran
Meski masih berstatus sebagai pelajar, siswa yang duduk di kelas XII SMK Al Hikmah Gunungkidul ini sukses menjalankan bisnis jual beli sayuran. (Foto: Detik.com)

Inspiratif! Kisah Siswa SMK Raup Rp100 Juta per Bulan dari Jualan Sayuran

Siwindumedia.com – Masih berstatus pelajar SMK bukan berarti tidak bisa menjadi pengusaha. Pelajar asal Gunungkidul, Muhammad Alva Priyandhito (17), membuktikan bahwa usaha bisa dimulai tanpa pandang usia.

Meski masih berstatus sebagai pelajar, siswa yang duduk di kelas XII SMK Al Hikmah Gunungkidul ini sukses menjalankan bisnis jual beli sayuran.

Kerja kerasnya berbuah manis. Dengan bantuan modal awal kurang dari Rp 5 juta dari orang tua, kini Alva berhasil meraup omzet sektiar Rp 100 juta per bulannya. Jumlah yang cukup besar saat bisnis rintisannya baru berjalan satu tahun terakhir. Bahkan dia mendapat penghargaan wirausaha belia SMK 2023 DIY dalam program Momenku Siap Berkemas dari Pemda DIY.

Menjadi distributor sayur di usia belia, Alva mengaku sangat terinspirasi ayahnya yang menjadi pengecer sayur dan jamur. Dia bahkan tidak malu mencari sayuran yang dipanen petani dan menjajakannya pada para pedagang yang lebih tua darinya.

“Sistem pedagang di pasar seperti ayah saya ternyata kulakan, dibeli lalu dijual eceran. Saya melihat ayah saya kekurangan sayur jadi saya inisiatif mencarikan sayur yang bisa dijual. Saya langsung ke petani, saya beli hasilnya dan jual lagi ke pasar-pasar,” paparnya dikutip Sabtu (9/9/2023).

Baca Juga:  Selamat! SMK Pertiwi Kuningan Raih Penghargaan di SMK Award 2023 Jabar

Kepada pedagang di pasar, Alva mengaku mengambil keuntungan sebesar 6 sampai 10 persen dari harga belinya ke petani. Dari niat membantu orang tua itu perlahan usahanya justru berkembang hingga kini dia sudah bisa mengajak empat teman sekolahnya untuk menjalankan usaha tersebut.

“Saya berniat mengembangkan lebih besar lagi usaha saya ini, karena itu saya berencana mengambil kuliah di bidang bisnis. Kalau tim ambil dan kirim itu ada 4 teman saya, daripada diam saja ya saya ajak usaha biar produktif” kata Alva.

Alva adalah satu dari 91 siswa SMK yang menerima apresiasi dalam program Momenku Siap Berkemas, sebuah program dari Disdikpora DIY untuk pengembangan minat kewirausahaan pada siswa SMK.

Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X, mengatakan bahwa Momenku Siap Berkemas merupakan program yang strategis untuk menyiapkan generasi mendatang yang produktif dan berkarakter.

“Momenku Siap Berkemas ini merupakan salah satu upaya melibatkan siswa SMK untuk meningkatkan indeks pembangunan pemuda, dan menekan angka kemiskinan dengan kemandirian wirausaha. Dan Apresiasi Wirausaha Belia hari ini menjadi bukti komitmen dan sinergitas yang berkelanjutan untuk meningkatkan motivasi siswa SMK dalam meningkatkan kemampuan wirausaha,” ujar KGPAA Paku Alam X.

Baca Juga:  Siswa SMK KarNas Kuningan Raih Juara 1 Olimpiade Fiber Optic Nasional 2023

Cek Juga

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

Ketua Partai NasDem Kurban 4 Sapi, Chartam: Nabi Ibrahim Sangat Inspiratif

SiwinduMedia.com – Hari Raya Idul Adha merupakan momentum sangat penting bagi kaum Umat Muslim di …