keren-desa-sukadana-jadi-kampung-literasi
Pihak DIsdikbud Kuningan memukul Gong sebagai tanda diluncurkannya Kampung Literasi di Desa Sukadana Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan, Sabtu (18/3/2023). FOTO : IWAN SETIAWAN / SIWINDU.ID

Keren, Desa Sukadana Jadi Kampung Literasi

SiwinduMedia.com – Kampung literasi, sebuah program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, berhasil direplikasi di Kabupaten Kuningan.

Program ini diwujudkan melalui kolaborasi antara Disdikbud, Forum Taman Baca Masyarakat (TBM) dan pihak lainnya. Kampung literasi juga dapat diwujudkan dari kepedulian masyarakat.

Di Kabupaten Kuningan, Kampung Literasi Rumah Zakat diterapkan di Dusun Manis Desa Sukadana Kecamatan Ciawigebang. Ini hasil kerjasama antara Rumah Zakat bersama Pemkab Kuningan melalui Disdikbud, Forum TBM Kabupaten Kuningan beserta Forkopimcam Ciawigebang.

Launching Kampung Literasi di Desa ini dilakukan di Dusun Manis dengan nama TBM Pena Berdaya, Selasa (18/3/2023). Hadir Kepala Desa beserta perangkat desa setempat, tokoh masyarakat, Kapolsek, Danramil dan undangan lainnya.

TBM Pena Berdaya Desa Sukadana, merupakan tempat anak-anak belajar. Di sekitar TBM tersebut, juga tersedia Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) yang disediakan oleh Rumah Zakat. Lembaga ini berdiri untuk memfasilitasi masyarakat mempelajari dunia wirausaha.

Kepala Disdikbud Kabupaten Kuningan H Uca Somantri melalui Kabid Pembinaan Paud Dikmas, Danu Nugraha, secara resmi meluncurkan Desa Sukadana menjadi Kampung Literasi melalui pemukulan gong. Hingga Maret 2023, Kabupaten Kuningan berhasil membuat 2 replika Kampung Literasi, yakni di Desa Kalimanggis Kulon dan Desa Sukadana.

Baca Juga:  Sambut Pemudik Lebaran Idul Fitri! 10-16 April 2023 Ada Festival Ramadhan dan Bazar UMKM di Tamkot Kuningan, Ada Ratusan Produk UMKM

“Kehadiran Kampung Literasi sangat membantu pemerintah dalam menanggulangi buta huruf, putus sekolah, hingga peningkatan kualitas SDM,” terang Danu.

Sementara itu, Zaelani selaku Manajer Rumah Zakat Area Jabar-Banten, menjelaskan, terbentuknya Kampung Literasi Rumah Zakat merupakan bentuk sinergitas antara Rumah Zakat dengan Pemerintah. Itu karena terdapat kesamaan program untuk masyarakat, khususnya bagi mereka yang berhak menerima zakat dan sedekah.

“Pembiayaan kegiatan ini merupakan hasil donasi di Rumah Zakat. Adapun penggunaannya diprioritaskan untuk 4 pilar pemberdayaan, yaitu pendidikan melalui beasiswa, kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan kelestarian lingkungan,” jelasnya.

Peresmian Kampung Literasi Rumah Zakat ditutup dengan pemberian penghargaan kepada Rumah Zakat. Penghargaan ini diberikan oleh Disdikbud Kuningan, Forum TBM dan Bunda PAUD Hj Ika Rachmatika Acep Purnama.

Cek Juga

Rakyat Palestina Terus Dianiaya, Pontren Al-Multazam Kirim Do'a

Rakyat Palestina Terus Dianiaya, Pontren Al-Multazam Kirim Do’a

SiwinduMedia.com – Pondok Pesantren (Pontren) Terpadu Al-Multazam Kuningan, mengelar Aksi Solidaritas Pesantren untuk Palestina, Jumat …