Keseimbangan Hidup Petugas Damkar, Antara Hamba Tuhan dan Sesama Manusia
Kegiatan rutin anggota Damkar di Mako, setiap malam Jum'at mengadakan yasinan bersama, Kamis (7/9/2023). Foto: Ist

Keseimbangan Hidup Petugas Damkar, Antara Hamba Tuhan dan Sesama Manusia

SiwinduMedia.com – Dalam perjalanan hidup dan kehidupannya, manusia sebagai makhluk Allah pada dasarnya mengemban amanah atau tugas-tugas kewajiban dan tanggungjawab yang dibebankan oleh Allah kepadanya agar dipenuhi, dijaga dan dipelihara dengan sebaik-baiknya.

Amanah hamba terhadap Tuhannya, yakni sesuatu yang harus dipelihara dan dijaga oleh manusia, yang berupa mengikuti segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya.

Amanah manusia terhadap dirinya, yakni menggunakan alat-alat potensialnya dan anggota badannya dalam berbagai aktivitas harian. Sehingga bisa menim­bulkan kemanfaatan baginya dan dapat mendekatkan diri kepada Tuhannya.

Amanah hamba terhadap sesama manusia, dalam hidup bersosialisasi berusaha melakukan hal-hal yang lebih baik dan lebih bermanfaat bagi orang yang ada disekitarnya.

Mengingat gambaran diatas, giat rutin yasinan malam Jum’at di Mako Damkar tidak pernah absen untuk dilakukan.

“Ini merupakan kegiatan yang saya wajibkan, untuk semua anggota yang sedang piket dimako. Kita mulai dari tahun 2019, Alhamdulillah sampai saat ini masih kita lakukan,” kata Mh Khadafi Mufti, SPd MSi, selaku Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan.

Baca Juga:  Masa Kampanye Pemilu 2024, Bawaslu Kuningan Tertibkan 4 Ribuan APK 'Nakal'

Tujuan dan harapan kita, atas giat yasinan setiap malam Jum’at adalah untuk memohon keselamatan dalam kehidupan dan dalam melaksanakan tugas. Semoga menjadi barokah bagi semua keluarga besar anggota Damkar Kabupaten Kuningan.

“Konteksnya, selain yasinan ada beberapa amalan yang mereka (anggota damkar) lakukan. Hakikatnya untuk keselamatan dan memohon perlindungan kepada Allah SWT,” ujar Khadafi.

Kami membiasakan kepada anggota untuk belajar tentang teori segitiga. Dalam menghadapi segala bentuk resiko dalam bertugas, baik crime sistem, triangle fire sistem, triangle manajemen risk sistem. Termasuk belajar mengenai psikologis dalam pengelolaan satuan kerja.

“Sesuai dengan surat Al-Insyirah ayat 1-8, karena pekerjaan pemadam kebakaran itu sangat mengandung resiko. Mudah-mudahan keselamatan, kesehatan, kesuksesan selalu menyertai. Terhindar dari segala bentuk kecelakaan, yang dimungkinkan bisa terjadi pada anggota kami (Damkar Kuningan),” harap Khadafi, diamini oleh anggota Damkar yang hadir.

Cek Juga

Banyak Pihak Menyayangkan Thony Indra Gunawan Mundur dari Pencalonan Bupati Kuningan

Banyak Pihak Menyayangkan Thony Indra Gunawan Mundur dari Pencalonan Bupati Kuningan

SiwinduMedia.com – Thony Indra Gunawan adalah salah satu kandidat Bakal Calon Bupati Kuningan pada Pilkada …