Pohon Pisang Berbuah Ribuan dengan Tandan 2 Meter, Gemparkan Warga Desa Cikandang
Foto: Ist

Pohon Pisang Berbuah Ribuan dengan Tandan 2 Meter, Gemparkan Warga Desa Cikandang

SiwinduMedia.com – Dusun Timur, Desa Cikandang, Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan. Kini sedang ramai jadi buah bibir, pasalnya di Dusun tersebut ada kejadian langka.

Yakni adanya pohon pisang, yang berbuah sampai ribuan dengan panjang tandan mencapai 2 meter. Sontak kejadian ini menjadi perhatian warga, bukan hanya untuk melihat melainkan berswafoto juga.

Pohon pisang yang tumbuh di halaman belakang rumah, tidak disangka akan berbuah dalam jumlah yang begitu melimpah, diantara pohon pisang yang lainnya, kata Darhan (51), pemilik pohon pisang kepada SiwinduMedia.com, Selasa (5/9/2023).

Ia menuturkan bahwa pohon pisang yang tidak diketahui jenisnya ini, awalnya tumbuh secara biasa-biasa saja dan tidak terlihat adanya keanehan. Sekitar 5 bulanan, pohon tersebut mulai menjalar ke bawah hingga tandannya mencapai panjang 2 meter.

Darhan terkejut ketika menyadari bahwa pohon pisangnya mulai menjalar ke bawah dengan tandan yang begitu panjang. Buah pisang yang dihasilkan tampak sangat banyak, meskipun pohon tersebut tumbuh tanpa menggunakan pupuk.

“Saya sangat terkejut. Lima bulan yang lalu, tumbuh biasa seperti yang pisang yang lainnya. Saya bingung karena pohon ini terus tumbuh ke bawah dan tandannya mencapai 2 meter,” ujarnya.

Baca Juga:  Kekeliruan Pemerintah dan Sensitifitas Para Capres Terhadap Konflik Pulau Rempang

Keunikan pohon pisang ini membuat gempar warga di desa tersebut. Bahkan menjadi perhatian Kepala Desa Cikandang Didi Tarsadi, karena keunikannya.

“Desa Cikandang warganya banyak yang bertani dan berkebun, tak sedikit yang menanam pohon pisang dengan memanfatkan lahan perkarangan rumah. Adapun jenis pisang yang ditanam, seperti Pisang Nangka, Saba, Rangrang, Raju, dan Muli,” ujar Didi.

Lebih lanjut, Didi berharap kedepannya jenis pisang tersebut dapat dibudidayakan sehingga dapat menjadi sumber penghasilan dan peningkatan ekonomi warga desa.

Cek Juga

Tanggapi Masalah Kohe di Wilayah Cigugur, Pemda Kuningan Gandeng TNGC Bangun IPAL

Tanggapi Masalah Kohe di Wilayah Cigugur, Pemda Kuningan Gandeng TNGC Bangun IPAL

SiwinduMedia.com – Menanggapi banyaknya laporan warga terkait pembuangan limbah ternak yang tidak tepat sasaran, Penjabat …