Bantu Warganya Lepas dari Pinjol dan Bank Emok, Bupati Bandung Raih Penghargaan Indonesia Awards 2023
Bupati Bandung Dadang Supriatna, meraih penghargaan bergengsi tingkat Nasional. Ia meraih apresiasi tertinggi yakni Excelent Award for Strategic Initiative dalam ajang Indonesia Awards 2023. Foto: Pemkab Bandung

Bantu Warganya Lepas dari Pinjol dan Bank Emok, Bupati Bandung Raih Penghargaan Indonesia Awards 2023

SiwinduMedia.com – Indonesia Awards 2023 merupakan ajang apresiasi terhadap para tokoh publik di Indonesia. Dari Kementerian, Lembaga Negara, dan para Kepala Daerah yang dinilai inovatif, berdedikasi, dan berkontribusi nyata bagi kemajuan pembangunan dan berdampak luas bagi masyarakat di daerah masing-masing.

Bupati Bandung Dadang Supriatna kembali meraih penghargaan bergengsi pada tingkat Nasional. Ia meraih penghargaan Indonesia Awards 2023 dari iNews Media Group di iNews Tower, Jakarta, Kamis (31/8/2023) lalu.

Dikutip dari detik.com, Dadang Supriatna menjadi satu-satunya kepala daerah kategori Bupati/Walikota di Jawa Barat yang berhasil meraih Indonesia Awards 2023 tersebut.

Ia meraih apresiasi tertinggi yakni Excelent Award for Strategic Initiative atas prakarsa dan kebijakan inisiatif Bupati Bandung melalui program ‘pinjaman modal usaha bergulir tanpa bunga dan tanpa agunan’.

“Saya tidak menyangka dalam tiga hari terakhir menerima dua penghargaan luar biasa ini. Saya sangat bangga dan berterima kasih kepada para juri dan akademisi yang menilai kebijakan saya bermanfaat untuk masyarakat,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jum’at (1/9/2023).

Baca Juga:  Di Balik Mahakarya Pertunjukan teATeR SADO, Ada Jejak Aan Sugianto Mas

Bupati Bandung ini menceritakan bagaimana awal mula program tersebut tercetus. Sebelum dirinya menjadi bupati Bandung, banyak warga kecil terjerat pinjaman online dan rentenir.

Selain itu, banyak juga pengusaha kecil yang gulung tikar alias bangkrut akibat terdampak pandemi Covid-19 sehingga dia berpikir bagaimana caranya membantu dan membangkitkan kembali ekonomi masyarakat Kabupaten Bandung.

“Ketika dilantik jadi Bupati, saya kemudian punya inovasi pinjaman modal bergulir tanpa bunga dan tanpa jaminan ini. Dan ternyata program ini sangat terasa manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Bandung,” akunya.

Melalui program dana bergulir ini, lanjut Dadang, pihaknya telah menyalurkan dana bergulir kepada 13.360 penerima manfaat sepanjang 2022 dengan realisasi anggaran sekitar Rp 27 miliar.

Bahkan di tahun 2023 ini, Pemkab Bandung menganggarkan Rp 70 miliar untuk peningkatan jangkauan penerima manfaat.

“Gagasan dan inisiatif ini sukses menumbuhkan banyak wirausahawan baru dan membuat masyarakat terbebas dari pinjol dan bank emok. Nilai Rp 70 miliar ini juga bikin kaget Pak Presiden karena menjadi yang terbesar,” bebernya.

Baca Juga:  Alumni 212 Ancam Kepung Bandara Tolak Coldplay Datang ke Indonesia, Mahfud MD dan Sandiaga Uno Beri Tanggapan

Lebih lanjut Dadang menjelaskan, program dana bergulir tanpa bunga dan tanpa jaminan itu  selaras dengan visi misi serta janji kampanye ketika hendak mencalonkan diri menjadi Bupati Bandung.

Yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan prinsip keadilan dan keberpihakan pada kelompok masyarakat lemah.

“Program ini juga merupakan salah satu dari 13 program prioritas Kabupaten Bandung. Alhamdulillah setelah program ini diluncurkan memang banyak pengusaha kecil yang tumbuh dan masalah bank emok bisa diatasi sekaligus menumbuhkan perekonomian masyarakat,” tuturnya.

Selain Dadang Supriatna, terdapat Kepala Daerah lainnya yang mendapatkan penghargaan, di antaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ada pula Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang meraih penghargaan Indonesia Awards 2023.

Bupati Bandung ini berterima kasih atas pemberian anugerah apresiasi bergengsi yang diberikan oleh iNews media tersebut. Ia mengaku ingin mempersembahkan apresiasi bergengsi tersebut untuk masyarakat Kabupaten Bandung.

Cek Juga

PDI-P Sudah Keluarkan Surat Tugas Calon Bupati, Kuningan kepada Siapa?

PDI-P Sudah Keluarkan Surat Tugas Calon Bupati, Kuningan kepada Siapa?

SiwinduMedia.com – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) telah mengeluarkan surat tugas …