Setelah Lengser, Ridwan Kamil Enggan Pembangunan Jabar Alami Kemunduran
Hal tersebut disampaikannya saat memberi sambutan di karnaval budaya West Java Festival 2023 di depan Gedung Sate, Minggu (3/9/2023). (Foto: Dok. Istimewa)

Setelah Lengser, Ridwan Kamil Enggan Pembangunan Jabar Alami Kemunduran

Siwindumedia.com – Setelah masa jabatannya usai sebagai Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku tak mau gerak pembangunan di Jawa Barat justru mengalami kemunduran sepeninggalnya.

Hal tersebut disampaikannya saat memberi sambutan di karnaval budaya West Java Festival 2023 di depan Gedung Sate, Minggu (3/9/2023).

Oleh karena itu, Kang Emil mewanti-wanti anak buahnya terutama kepala dinas dan ASN yang selama lima tahun berkerja dengannya, untuk tetap menjaga aura positif yang sudah dibangun.

Aura itu di antaranya muncul dari 555 perubahan yang terjadi menyusul 555 penghargaan yang sudah diperoleh selama masa kepemimpinannya.

“Jabar Juara, dan kalimat itu terbukti di akhir jabatan ini karena akhir jabatan ini alhamdulillah Allah kabulkan, Jawa Barat adalah provinsi dengan penghargaan terbanyak di Indonesia, 555 penghargaan dari dalam dan luar negeri untuk perubahan selama di Jawa Barat,” kata Kang Emil.

“Salah satu juaranya adalah jumlah warisan budaya tak benda yang diakui di Republik Indonesia paling banyak budayanya datang dari provinsi Jawa Barat,” imbuhnya.

Baca Juga:  Digugat Panji Gumilang, Ini Tanggapan Ridwan Kamil

Dirinya tak memungkiri bahwa setelah melepaskan jabatan sebagai Gubernur Jabar, tak bisa lagi melakukan kontrol untuk memastikan semua berjalan sesuai keinginannya.

Hanya saja, dia percaya jajaran birokrasi yang pernah berkerjasama dengannya dalam lima tahun terakhir bisa menjaga kepercayaaan tersebut.

“Jangan pernah balik kanan, tapi hidup kadang tidak selalu tentang maju ke depan kadang-kadang oleh sebuah takdir yang buruk hidup itu balik kanan,” katanya.

“Kita harus menjadi PNS dengan tim yang selalu melangkah ke depan, tidak ada lagi balik kanan, kalau itu terjadi saya adalah orang yang pertama yang paling bahagia dan berdoa bahwa 5 tahun pengabdian kami ternyata tidak sia-sia,” ungkap Kang Emil.

Ridwan Kamil mengatakan, hari ini juga adalah puncak dari event West Java Festival yang merupakan rangkaian peringatan hari jadi ke-78 Jabar sekaligus momen perpisahan dirinya.

“Dan sekaligus adalah momen perpisahan saya dan pak Uu beserta istri, akan mengakhiri jabatan besok mudah-mudahan selama 5 tahun apa-apa yang menjadi prestasi bisa diapresiasi, kurang kurangnya tentu menjadi evaluasi,” katanya.

Baca Juga:  Kereta Cepat Jakarta-Bandung Digratiskan Selama 3 Bulan, Catat Tanggalnya

Dia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada warga Jabar yang telah memberikan amanat untuk memimpin. Tak ketinggalan, Kang Emil juga menyapa sejumlah kepala daerah yang hadir pada karnaval West Java Festival ini.

“Dan juga kepada sahabat-sahabat saya, kepala daerah mohon maaf lahir batin selama hubungan kerja kita mungkin ada hal-hal kurang berkenan, tapi insya Allah ini terbaik buat Jabar dan saya laporkan Pemprov dengan bantuan ekonominya tertinggi se-Indonesia adalah Jabar,” pungkas Ridwan Kamil.

Cek Juga

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

SiwinduMedia.com – Sejumlah masyarakat Desa Kadatuan Kecamatan Garawangi menggelar deklarasi dukungan kepada H Yanuar Prihatin …