Kegiatan Mancing Ikan Warga RW 02 Cipicung Jadi Agenda Rutin
Warga RW 02 Kelurahan Cipicung, dalam rangka memperingati hari jadi Kuningan ke-525. Mengadakan kegiatan memancing ikan emas. Foto: Purnomo Widodo/SiwinduMedia.com

Kegiatan Mancing Ikan Warga RW 02 Cipicung Jadi Agenda Rutin

SiwinduMedia.com – Dalam rangka memperingati hari-hari besar nasional ataupun keagamaan. Banyak cara atau ide yang digagas oleh warga, dalam membuat macam-macam perlombaan yang unik dan menarik.

Warga hampir di setiap Desa/Kelurahan, gotong royong bekerjasama. Mencurahkan tenaga, fikiran, bahkan dengan sukarela, ikut menyumbangkan uang nya juga untuk pengelolaan dana acara yang dibuat.

Termasuk yang dilakukan oleh warga RW 02, Kelurahan Cipicung, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan. Dalam memeriahkan hari jadi Kuningan yang ke-525, mengadakan kegiatan memancing ikan emas.

Aliran sungai Cimuncang yang ada di wilayah tersebut, warga sulap menjadi kolam ikan. Dengan membendung dari kedua sisi aliran sungai tersebut, jadilah kolam ikan dadakan.

Kegiatan memancing ikan emas ini, boleh dikatakan sebagai lanjutan dari rangkaian acara peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun, kata Yayan Nurdiansyah selaku Ketua Panitia kegiatan ini, Sabtu (2/9/2023).

“Baru saja selesai tanggal 27 Agustus kemarin, kita banyak mengadakan lomba-lomba Agustusan. Sekarang diawal September, tepatnya tanggal 1 September, Kuningan merayakan hari jadinya yang ke-525,” sambungnya.

Baca Juga:  Tidak Dengan Unjuk Rasa, KSPSI Kuningan Peringati Hari Buruh Dengan Halal Bihalal dan Santunan Anak Yatim

Kalau Agustusan kemarin, untuk acara lomba-lomba. Kita banyak mendapat bantuan dari para donatur dan sponsor. Tapi, untuk kegiatan mancing ikan emas ini, murni dari patungan warga yang ikut menjadi peserta.

Lebih lanjut, Yayan menceritakan mengenai kegiatan memancing ikan emas ini.
Untuk warga RW 02, yang berminat menjadi peserta. Harus membayar uang pendaftaran sebesar Rp 35 ribu.

Dari uang pendaftaran itu juga, kita belikan ikan emas yang akan diperebutkan oleh para peserta. Tidak ada sistem juara untuk kegiatan memancing ikan emas ini.

“Hadiah buat peserta, yaitu ikan yang didapat saat memancing tadi. Mau berapa kilo pun ikan yang didapat, mangga (silahkan, red) bawa pulang. Ikan emas yang kita masukan dalam kolam, totalnya 60 kg,” jelas Yayan.

Jumlah peserta yang mendaftar ada 44 orang, ada aturan yaitu umpan yang dipakai para peserta sudah disediakan oleh panitia. Peserta diberikan waktu selama 3 jam, untuk mendapatkan ikan sebanyak mungkin.

Dari pantauan SiwinduMedia.com, terlihat ada juga ibu-ibu yang mengikuti kegiatan ini. Suasana begitu ramai, dengan gelak tawa. Diantara peserta banyak yang bercanda, saling ejek satu sama yang lain.

Baca Juga:  Inspiratif dan Memukau! Aksi 3 SDIT Al-Multazam Sajikan Keberagaman Budaya dan Kreativitas

Opis (50) warga RW 02, yang menjadi salah satu peserta menyampaikan, bahwa kegiatan memancing ini akan diagendakan setiap ada kegiatan hari besar atau menjadi acara rutin sebulan sekali.

“Kegiatan memancing ini bisa menjadi kegiatan yang bagus, selain bisa menyalurkan hobi warga yang suka memancing. Juga bisa menjadi ajang silaturahmi warga, dan mempererat tali persaudaraan,” ujarnya.

Cek Juga

Tanggapi Masalah Kohe di Wilayah Cigugur, Pemda Kuningan Gandeng TNGC Bangun IPAL

Tanggapi Masalah Kohe di Wilayah Cigugur, Pemda Kuningan Gandeng TNGC Bangun IPAL

SiwinduMedia.com – Menanggapi banyaknya laporan warga terkait pembuangan limbah ternak yang tidak tepat sasaran, Penjabat …