BEM UI Undang Anies, Ganjar dan Prabowo Debat Capres pada 14 September, Begini Tanggapan Ketiganya
Sebagai informasi, MK mengizinkan peserta pemilu berkampanye di fasilitas pemerintah dan pendidikan selama tidak menggunakan atribut kampanye. (Foto: Kompas)

BEM UI Undang Anies, Ganjar dan Prabowo Debat Capres pada 14 September, Begini Tanggapan Ketiganya

Siwindumedia.com – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan mengundang tiga bakal calon presiden (capres) yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan, serta Ganjar Pranowo untuk beradu gagasan pada 14 September 2023 mendatang.

“Kami akan melangsungkan program adu gagasan tiap bacapres ini pada 14 September 2023 nanti,” ujar Ketua BEM UI Melki Sedek Huang melalui keterangan tertulisnya pada Rabu, (23/8/2023).

Ia menyampaikan, pihaknya akan melayangkan undangan secara resmi ke setiap bakal capres untuk datang memenuhi kegiatan BEM UI itu agar dikuliti isi pikiran dan diuji gagasannya untuk bangsa.

Tak hanya itu, Melki juga mengundang seluruh anak muda, mahasiswa, dan berbagai elemen masyarakat lainnya untuk datang dan melihat ide-ide besar tiap calon pemimpin untuk masa depan bangsa.

Tantangan debat capres tersebut telah dilayangkan sebelumnya oleh Melki pada Senin, 21 Agustus 2023 lalu. Undangan tersebut disampaikan Melki merespons putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang merevisi materi Pasal 280 ayat (1) huruf h Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu.

Baca Juga:  Bantu Warganya Lepas dari Pinjol dan Bank Emok, Bupati Bandung Raih Penghargaan Indonesia Awards 2023

Menanggapi tantangan itu, masing-masing pihak bakal calon presiden (bacapres) telah merespons tantangan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI).

Anies Baswedan

Anies Baswedan menjadi bacapres pertama yang merespons tantangan itu. Anies menyanggupi tantangan tersebut.

“Yuk, kapan?” kata Anies dalam uanggahannya di akun Twitter pribadinya, Senin (21/8/2023).

Keesokan harinya, Anies merespons lagi saat ditanya wartawan. “Ayo. Malah saya mau tanya, kapan? Wis wayahe, wis wayahe (sudah waktunya, sudah waktunya),” kata Anies di Jambore DPW Partai NasDem se-Jateng, Selasa (22/8/2023).

Prabowo Subianto

Prabowo Subianto menjadi capres kedua yang merespons. Menteri Pertahanan RI itu merespons melalui Juru Bicaranya, Dahnil Anzar Simanjuntak. Prabowo dinyatakannya siap untuk berdialog.

“Pak Prabowo siap dialog dengan siapa pun di mana pun, apalagi di kampus, beliau hobi dan senang diskusi dengan para intelektual,” kata Dahnil saat dikonfirmasi, Senin (21/8/2023) lalu.

Sementara itu, juru bicara Gerindra Habiburokhman menyebut Prabowo akan terbuka mendatangi kampus jika memang sudah waktunya kampanye dan juga diundang. Habiburokhman menyebut ketua umum Gerindra itu mempunyai banyak gagasan untuk didiskusikan dengan kampus.

Baca Juga:  Wow! 6 Juta Peternak Ayam siap Beri Dukungan pada Capres dengan Kriteria ini

Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo yang masih bekerja sebagai Gubernur Jawa Tengah ini merespons beberapa kali. Pertama, pada Senin (21/8/2023) malam saat ditanya wartawan di Taman Lumbini, Candi Borobudur. Dia memastikan akan melayani tantangan debat dari BEM UI.

“Ya nanti kita debat. Terima kasih ya,” kata Ganjar di Taman Lumbini Candi Borobudur seraya meninggalkan wartawan, Senin (21/8/2023), malam.

Esok harinya di UGM, Ganjar kembali merespons. Dia mengimbau BEM UI dan publik untuk menahan diri dulu dan jangan terlalu kebelet debat.

“Debat opo? Sabar. Wong belum apa-apa kok debat. Sabar,” kata Ganjar.

Cek Juga

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

SiwinduMedia.com – Sejumlah masyarakat Desa Kadatuan Kecamatan Garawangi menggelar deklarasi dukungan kepada H Yanuar Prihatin …