45 Paskibraka Kuningan Dikukuhkan! Siap Kibarkan Bendera Merah Putih di Upacara HUT RI ke-78
Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH, memberikan ucapan selamat kepada anggota Paskibraka Kabupaten Kuningan 2023, usai acara pengukuhan, Rabu (16/8/2023). Foto: Purnomo Widodo/SiwinduMedia.com

45 Paskibraka Kuningan Dikukuhkan! Siap Kibarkan Bendera Merah Putih di Upacara HUT RI ke-78

SiwinduMedia.comBupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH, bertempat di Pendopo Kabupaten Kuningan, Rabu (16/08/2023). Mengukuhkan sebanyak 45 anggota Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas dalam pengibaran dan penurunan Bendera Merah putih. Menjelang Upacara Peringatan mengenang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 tahun 2023 tingkat Kabupaten Kuningan.

Anggota Paskibraka terpilih, diambil dari berbagai SMA/SMK/MA se-Kabupaten Kuningan merupakan hasil seleksi dari 300an peserta. Paskibraka yang telah dikukuhkan, sebelumnya telah melaksanakan berbagai serangkaian kegiatan, mulai dari seleksi, baik dari segi fisik maupun mental.

Sebelum di kukuhkan oleh Bupati Acep, para anggota Paskibraka mengucapkan ikrar Putra Indonesia yang berbunyi :

“Ikrar Putra Indonesia
Aku mengaku putra Indonesia.
Dan berdasarkan pengakuan itu, aku mengaku bahwa aku adalah mahluk Tuhan Sang Maha Pencipta dan bersumber padanya.
Aku mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia.
Aku mengaku berbangsa satu, Bangsa Indonesia.
Aku mengaku bernegara satu, Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Aku mengaku berjiwa dan berideologi satu, jiwa dan ideologi Pancasila, dan satu Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Aku mengaku bertujuan satu, masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.
Aku mengaku kebinekaan dalam kesatuan budaya bangsa.
Aku mengaku sebagai generasi penerus perjuangan besar kemerdekaan dengan akhlak dan ihsan menurut rida Tuhan Yang Maha Esa.
Berdasarkan pengakuan-pengakuan ini dan demi kehormatanku sebagai kader bangsa, aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku untuk mengamalkan semua pengakuan ini dalam karya hidupku sehari-hari.
Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati niatku ini dengan taufik dan hidayah-Nya serta inayah-Nya,”  demikian bunyi Ikrar Putra Indonesia.

Baca Juga:  Lahirnya Dinasti Politik Karena Ada Dinasti di Internal Parpol Itu Sendiri

Usai mengucapkan ikrar, Pemimpin Upacara mencium Sang Merah Putih diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

“Dengan memohon ridho yang maha kuasa, dengan ini saya kukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tingkat Kabupaten Kuningan tahun 2023, yang akan bertugas di Stadion Mashud Wisnu Saputra Kuningan Pada tanggal 17 Agustus 2023. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan Rahmat dan kemudahan dalam Tugas Negara” Ucap Bupati.

Bupati Acep secara simbolis menyematkan pin kepada seluruh anggota Paskibraka sebagai tanda pengukuhan.

Dalam sambutannya Acep berpesan, agar anggota Paskibraka mempersiapkan diri sebaik-baiknya pada pelaksanaan Pengibaran Bendera Pusaka. Juga termasuk untuk esok harinya, penurunan Bendera Pusaka.

“Pelihara kesehatan, jaga pola makan, konsentrasi yang baik. Dengan begitu, tugas penting nanti pagi hari maupun sore hari dapat kalian laksanakan dengan sebaik-baiknya” Ucap acep.

Untuk itu Acep berharap, bahwa ikrar yang telah diucapkan benar-benar dihayati, dipedomani, dan dijalankan dalam pengabdian anak-anakku terhadap bangsa dan negara, dimasa kini dan masa depan.

 

Cek Juga

Peringati Hardiknas 2024, Kabupaten Kuningan Akan Launching Mulok Gunung Ciremai

Peringati Hardiknas 2024, Kabupaten Kuningan Akan Launching Mulok Gunung Ciremai

SiwinduMedia.com – Peringatan Hari Pendidikan Nasional tingkat Kabupaten Kuningan tahun 2024 digelar di Lapangan Pandapa …