Bupati Kuningan dalam pembukaan di Desa Suganangan Kecamatn Cipicung/Foto: SiwinduMedia.com/Iwan Setiawan
Bupati Kuningan dalam pembukaan di Desa Suganangan Kecamatn Cipicung/Foto: SiwinduMedia.com/Iwan Setiawan

Wayang Golek Giri Harja 3 Bakal Hadir di Peringatan HUT RI ke-78 Desa Suganangan

SiwinduMedia.com – Peringati HUT RI ke-78 sekaligus hari jadi Kabupaten Kuningan ke-525 Desa Suganangan, Kecamatan Cipicung rayakan pesta rakyat “Sport Nyimas Lenggangherang Ethno Carnaval.”

Kegiatan ini mengangkat nuansa untuk melestarikan budaya, mulai dari pagelaran Kebudayaaan sunda, olahraga antar dusun dan ditutup dengan pagelaran wayang golek Giri Harja 3.

Adapun pembukaan kegiatan tersebut dimulai dengan turnamen badminton, sepak bola, bazar pameran, nyekar karuhun desa, karnaval budaya hasil tani dari 5 dusun, tagblig akbar, dan penutupan kegiatan akan ditutup dengan pagelaran wayang golek dengan dalang Yoga Giri Harja 3 Putera.

Acara berlangsung meriah di lapangan Desa Ranadiraksa dengan kehadiran Bupati Kuningan H Acep Purnama.

Sekretaris Desa Suganangan Jahidin mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai upaya menjaga dan melestarikan kebudayaan yang hampir punah dimasa sekarang mulai dengan sedekah panen raya seni tradional reog.

Jadwal Acara Desa Suganangan
Jadwal Acara Desa Suganangan

“Kita kenalkan budaya pada anak cucu khususnya generasi muda Desa Suganangan bahwa kita Desa Suganangan ada juga budaya di Desa yang harus tetap dilestarikan,” jelasnya, Senin (15/8/23).

Baca Juga:  Ratusan Group Arsitek Bersaing Dalam Kompetisi Design Kuningan Shopping Eco Forest

Lanjutnya, tidak hanya kebudayaan yang menjadi rangkaian kegiatan dalam peningkatan perekonomian warga. Bazar dan pameran juga dihadirkan dimana masyarakat Desa Suganangan dapat menjual produk-produk hasil bumi mereka, yang secara tidak langsung dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat.

“Pemerintahan Desa Suganangan juga bekerja sama denga beberapa instansi pemerintahan dalam kegiatan Bazar dan potensi Desa, kita undang juga UMKM yang ada diluar Desa khususnya kecamatan Cipicung bisa berpartisipasi dalam bazar. Ada juga pelayanan publik, contoh data kependudukan (Disdukcapil), Samsat Keliling, dan donor darah,” terangnya.

Sedangkan untuk acara penutupan kita hadirkan Wayang Golek Giri Harja 3 putera pada 10 September 2023, yang sudah dilakukan ke 2 tahunnya digelar di Desa Suganangan dimana masyarakat Desa Suganagan dan masyarakat luar Desa dapat ikut berkumpul di lapangan Ranadiraksa.

“Saya berharap momen tahunan ini sebagai identiknya atau icon Desa Suganangan dan tahun sekarang semoga pameran pembangunan nanti bisa di agendakan di Desa Suganangan,” harapnya.

Cek Juga

Perekrutan PPK Pilkada Kuningan Dituding Bermasalah, Aldi : KPU Diduga Langgar UU 10/2016

SiwinduMedia.com – Perekrutan Panitia Adhock penyelenggara Pilkada serentak 2024 tingkat Kecamatan, atau Panitia Pemilihan Kecamatan …