Peduli Lingkungan! Pandawara Ajak 7.800 Orang Bersihkan Pantai Kesenden Cirebon
Pandawara mengumumkan akan membersihkan pantai tersebut dalam sebuah unggahan di akun Instagram mereka. (Foto: Pandawara)

Peduli Lingkungan! Pandawara Ajak 7.800 Orang Bersihkan Pantai Kesenden Cirebon

Siwindumedia.com – Pandawara Group kembali melakukan aksi sosial dan kali ini perhatian tertuju pada Pantai Kesenden, Cirebon, Jawa Barat. Pandawara mengumumkan akan membersihkan pantai tersebut dalam sebuah unggahan di akun Instagram mereka.

Kegiatan tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan pada Sabtu-Minggu 12-13 Agustus 2023. Kelompok ini, rencananya akan mengajak 7800 relawan atau volunteer di Kota Cirebon untuk membersihkan pantai tersebut.

“Kita dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 78. Maka dari itu kita mengajak seluruh masyarakat kota Cirebon terutama sebanyak 7800 volunteer untuk bisa hadir di kegiatan acara besok,” ujar Gilang, salah satu anggota Pandawara kepada wartawan, Jumat (11/8/2023).

Pandawara mengeklaim, Pantai Kesenden adalah salah satu pantai terkotor ke 3 di Indonesia. Penyebutan urutan ke 3 ini, aku dia, merupakan hasil survei yang dilakukan oleh Pandawara Group.

“Itu versi Pandawara Group. Karena gini, kita dari mulai pantai terkotor nomor 1 sampai nomor 2 dan sekarang nomor 3 itu (Pantai Kesenden)” tandasnya.

Pandawara juga mengeklaim bahwa memiliki orang lokal dari Aceh hingga ke daerah timur Indonesia yang selalu memantau situasi dan kondisi sungai maupun pantai di setiap daerahnya masing-masing.

Baca Juga:  Kisah Sukses Perajin Kerang Asal Cirebon yang Mulai Kebanjiran Order Usai Pandemi Covid-19

“Kita tuh jadi punya lokal heroes dari mulai Aceh sampai ke daerah timur. Itu yang selalu mantau situasi di domisili masing-masing entah itu sungai maupun pantai,” katanya..

Bahkan, Pandawara juga telah memiliki 10 daftar lokasi pantai yang dalam keadaan kotor. Dan nomor 3 adalah pantai kesenden, Kota Cirebon.

“Sebenarnya kita sudah punya list sampai nomor 10. Jadi kita sudah mulai urutkan dari tingkat kerusakan ekosistemnya, banyaknya tumpukan sampah yang ada di bibir pantai sampai kualitas air di bibir pantai itu sendiri,” katanya.

“Jadi itu tuh, hitungan kita. Jadi kita memonitor dari daerah barat sampai ke daerah timur. Seperti itu,” sambungnya.

Sebelum video berakhir, mereka kembali menyertakan informasi bersih-bersih pantai, mulai dari alamat, sampai waktu pelaksanaannya. “Mari kita rayakan hari kemerdekaan ini untuk memerdekakan sesuatu yang belum merdeka, sampai ketemu di sana guys,” bunyi keterangan tersebut.

Unggahan Pandawara tersebut memantik deretan tanggapan dari warganet. Tak sedikit dari mereka yang memuji aksi kelima anak muda ini. “This is pandawara, pahlawan tanpa lencana yang peduli Indonesia,” tulis salah seorang warganet.

Baca Juga:  Merajai di Kategori SMP dan SMA, PBSS Kuningan Sabet Juara Umum I Kejurda COC

Ada juga yang berkomentar, “Perkiraan yang diundang 7K orang, tapi yang dateng bisa capai 50k. Pasti bakal lebih banyak lagi.” “Salut sama team ini gak pernah nyalahin siapapun, baik itu pemerintah maupun masyarakat, tapi mereka selalu mengajak untuk sama-sama bergerak, TOP emg team ini,” puji warganet lainnya.

Cek Juga

Pascalebaran, Angka Perceraian Meningkat. Jumlah Janda di Kota Bandung Bertambah

Pascalebaran, Angka Perceraian Meningkat. Jumlah Janda di Kota Bandung Bertambah

SiwinduMedia.com – Pasca lebaran angka gugatan perceraian di Kota Bandung Jawa Barat, mengalami peningkatan. Kenaikan …