Sambut 17 Agustus, Jalur Pendakian Gunung Ciremai via Linggasana Dibersihkan
Jalur pendakian Gunung Ciremai via linggasana. Rabu, (9/8/2023). Foto : IST

Sambut 17 Agustus, Jalur Pendakian Gunung Ciremai via Linggasana Dibersihkan

SiwinduMedia.com – Pada setiap tanggal 17 Agustus banyak masyarakat yang turut serta merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia di Puncak Gunung.

Seperti hal nya Gunung Ciremai yang berlokasi di Jawa Barat, dengan dikelilingi tiga wilayah yaitu Kuningan, Majalengka, dan Cirebon. Terdapat 5 jalur pendakian yaitu Linggarjati, Linggasana, Palutungan, Apuy dan Sadarehe.

Menjelang 17 Agustus, mengantisipasi membludaknya para pendaki jelang perayaan HUT kemerdekaan RI, maka dibutuhkan persiapan yang harus disiapkan mulai dari sekarang. Seperti yang dilakukan di jalur pendakian linggasana yang beralamat di Desa Linggasana, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan.

Adi (45), Mitra Pendakian Pengelola Gunung Ciremai (MPGC), menyebutkan bahwa ia bersama tim nya sedang melakukan pembersihan jalur pendakian linggasana.

“Mengingat tanggal 17 Agustus sebentar lagi, saya bersama tim yang lain melakukan pembersihan jalur pendakian untuk para pendaki,” kata Adi kepada siwindumedia.com di pos pendakian Linggasana, Rabu, (9/8/2023).

Sebagai antisipasi dari peristiwa pendaki tersesat yang sempat terjadi beberapa hari kebelakang, ia mempersiapkan rambu-rambu di jalur pendakian dan disetiap pos pendakian.

Di jalur linggasana ini terdapat 11 pos dimana setiap pos jaraknya berdekatan agar pendaki bisa istirahat terlebih dahulu.

Sementara itu Adi mengungkapkan bahwa pengunjung yang datang untuk mendaki di jalur linggasana ini tergolong sedikit dibandingkan dengan jalur lainnya.

“Ya pengunjung kalo naik dari linggasana dilihat pada tahun kemarin juga diperkirakan 200 pendaki untuk 17 Agutus yang lalu, tapi setelah itu sampe sekarang menurun,” ujar Adi.

Untuk mendapat tiket pendakian sebagai syarat pendakian ke gunung ciremai yaitu bisa dengan booking online melalui website resmi Balai TNGC www.bookingciremai.menlhk.go.id.

Setelah itu melakukan registrasi di basecamp sesuai jam kedatangan dengan menunjukan kode booking online.

“Total biaya pendakian yang dikenakan pada saat weekdays mencapai Rp. 75.000. Biaya tersebut untuk PNBP Rp. 5000, jass pelayanan masyarakat Rp. 50.000 dan cek kesehatan Rp. 20.000.,” tutur Adi.

“Sementara total biaya pendakian pada saat weekend sebesar Rp. 77.500 dengan rincian untuk PNBP Rp. 7.500, jasa pelayanan masyarakat Rp. 50.000, dan pengecekan kesehatan Rp. 20.000.,” pungkasnya.

Cek Juga

Pascalebaran, Angka Perceraian Meningkat. Jumlah Janda di Kota Bandung Bertambah

Pascalebaran, Angka Perceraian Meningkat. Jumlah Janda di Kota Bandung Bertambah

SiwinduMedia.com – Pasca lebaran angka gugatan perceraian di Kota Bandung Jawa Barat, mengalami peningkatan. Kenaikan …