Antisipasi Pengunduran Diri Peserta, Info Gaji ASN Bakal Dipampang di Lowongan CPNS 2023
Info gaji Pegawai Negeri Sipil akan dipampang di lowongan CPNS 2023. Itu demi mencegah peserta mengundurkan diri. (Foto: Tribunnews)

Antisipasi Pengunduran Diri Peserta, Info Gaji ASN Bakal Dipampang di Lowongan CPNS 2023

Siwindumedia.com – Badan Kepegawaian Negara (BKN) berencana akan menambahkan informasi lebih detail dalam seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2023. Informasi tersebut berupa penghasilan yang diterima, kelas jabatan, uraian jabatan, sampai jenjang jabatan.

Langkah tersebut diambil oleh BKN untuk mengantisipasi peserta yang mengundurkan diri selama proses seleksi. BKN mendapati bahwa beberapa peserta mengundurkan diri karena jabatan yang dilamar tidak sesuai dengan pekerjaan yang diinginkan atau karena penghasilan yang tidak sesuai dengan ekspektasi.

Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto menyampaikan penambahan keterangan informasi jabatan bagi pelamar ini dilakukan dengan beberapa pertimbangan. Pertama, untuk mengantisipasi peserta mengundurkan diri dengan alasan jabatan yang dilamar tidak sesuai dengan pekerjaan yang diinginkan.

Kedua, untuk mengantisipasi pengunduran diri pelamar karena penghasilan yang didapat tidak sesuai harapan.

“Ada sejumlah alasan pengunduran diri peserta seleksi, salah satunya menyangkut ketidaksesuaian pekerjaan dan penghasilan dengan ekspektasi pelamar. Untuk itu BKN akan menyediakan keterangan rincian informasi setiap jabatan pada formasi yang dilamar,” terangnya, dikutip dari keterangan resmi BKN, Kamis (3/8/2023).

Baca Juga:  89 Tenaga Kesehatan Baru di Kuningan Tandatangani Perjanjian Kerja PPPK

Terhitung selama pelaksanaan seleksi PPPK 2022, tercatat sebanyak 1.921 peserta seleksi mengundurkan diri dengan sejumlah alasan. Selain karena ketidaksesuaian pekerjaan dan penghasilan, lokasi penempatan juga menjadi alasan pengunduran diri.

Oleh karena itu, pelamar diminta mempertimbangkan betul sebelum melakukan pendaftaran baik dari aspek jabatan, lokasi, sampai dengan penghasilan. Dengan adanya menu informasi jabatan ini, pelamar seleksi CASN 2023 akan dipermudah untuk mencari tahu mengenai rincian formasi yang akan dilamar.

Jelang pembukaan seleksi CASN 2023 yang dijadwalkan pada September 2023 mendatang, seluruh instansi pemerintah juga diimbau untuk memperhatikan lebih detail tahapan seleksi administrasi, agar jangan sampai ada pelamar yang dirugikan.

“Menu informasi jabatan yang bisa dilamar akan memuat keterangan terperinci mulai dari uraian tugas, kelas jabatan, penghasilan yang diterima, sampai dengan jenjang jabatan,” jelas Haryomo.

Adapun informasi detail termasuk soal penghasilan akan terdapat dalam menu informasi tambahan.

Cek Juga

Dituding Laporkan Sekda Dian ke KASN, Nuzul: Itu Konsultasi

Dituding Laporkan Sekda Dian ke KASN, Nuzul: Itu Konsultasi

SiwinduMedia.com – Ketua DPRD Nuzul Rachdy SE merasa geram dengan adanya tudingan dirinya telah melaporkan …