Mantan Kades Terpilih Jadi Kades di Gereba! Di Cikubangsari, H Yana Menang Telak
Sadi Kaswadi (kiri) Dan H Yana (kanan), Kepala Desa terpilih Pilkades Serentak 2023 di Kecamatan Kramatmulya, Minggu (6/8/2023). Foto: Dok. Ist

Mantan Kades Terpilih Jadi Kades di Gereba! Di Cikubangsari, H Yana Menang Telak

Siwindumedia.com – Hari yang ditunggu-tunggu oleh semua calon Kepala Desa se-Kabupaten Kuningan akhirnya tiba juga. Sebanyak 94 Desa menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Minggu (6/8/2023) sekitar pukul 08.00 WIB. Masyarakat pemilih di desa masing-masing ini serentak melaksanakan pemungutan suara yang terbagi di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dari data yang terdaftar di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kuningan, total ada sebanyak 254 Calon Kepala Desa yang ikut berkompetisi dalam perhelatan pesta rakyat ini.

Desa Gereba dan Desa Cikubangsari yang ada di Kecamatan Kramatmulya misalnya. terpantai di kedua desa ini suasana ramai di pagi hari oleh masyarakat yang akan menggunakan hak pilihannya di semua TPS.

Kepada Siwindumedia.com, Dani Nurhamdani SSos selaku Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Gereba, menyampaikan, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Desanya itu ada sebanyak 1.700 orang. Dan puncaknya, Minggu pagi tadi masyarakat berbondong-bondong datang ke TPS untuk mencoblos gambar Calon Kepala Desa sesuai pilihan masing-masing.

“Syukur Alhamdulillah, pelaksanaan Pilkades ini bisa berjalan sukses tanpa ekses. Tanpa ada kendala apapun,” ujar Dani usai Pemungutan suara berlangsung.

Dijelaskan, terdapat 5 TPS yang disediakan oleh panitia untuk melakukan pemungutan suara. Proses pemungutan suara, termasuk sampai penghitungan surat suara per TPS, disyukurinya karena dapat berjalan sesuai dengan rencana, dan berlangsung hingga pukul 14.00 WIB.

Baca Juga:  Update Kecelakaan Bus Pariwisata Guci Kabupaten Tegal: 1 Meninggal, 36 Penumpang Luka-luka

Lebih detail lagi, pria yang sering di panggil Asep Bagas ini menginformasikan hasil dari penghitungan suara Pilkades Gereba dari tiap TPS.

TPS 1 yang berlokasi di MI Gereba dari jumlah hak pilih sebanyak 247 orang, hasilnya, surat suara sah 240 dan tidak sah 7. Rekapitulasinya, Calon Kades nomor urut 1 atas nama Raden Muhammad Heli Mulyadi memperoleh 71 suara, nomor urut 2 atas nama Sadi Kaswadi memperoleh 55 suara,
nomor urut 3 atas nama Toto Carta mendapat 49 suara, dan nomor urut 4 atas nama Yanyan Sofyan mendapatkan 65 suara.

Di TPS 2 yang berlokasi di Gedung Serbaguna Desa Gereba dengan hak pilih 270 orang. Hasil penghitungan, surat suara sah 268, dan tidak sah 2. Rekapitulasinya, Salon Kades nomor 1 Raden Muhammad Heli Mulyadi memperoleh 71 suara, nomor urut 2 Sadi Kaswadi memperoleh 94 suara, nomor urut 3 Toto Carta 44 suara, dan nomor 4 Yanyan Sofyan mendapatkan sebanyak 59 suara.

TPS 3 yang berlokasi di SD Inpres Gereba, hak pilih sebanyak 247 orang. Surat suara sah 246, yang tidak sah 1. Rekapitulasinya, Calon Kades nomor 1 Raden Muhammad Heli Mulyadi mendapatkan 62 suara, nomor 2 Sadi Kaswadi 90 suara, nomor 3 Toto Carta 43 suara, dan nomor 4 Yanyan Sofyan memperoleh 51 suara.

Baca Juga:  Mulai Hari Ini, Polisi di Seluruh Jabar Gelar Operasi Zebra Lodaya 2023

Kemudian di TPS 4 yang berlokasi di PAUD Mawar Gereba, dengan hak pilih 248. Surat suara sah 248, yang tidak sah 0 (nihil). Rekapitulasinya, Calon Kades nomor urut 1 Raden Muhammad Heli Mulyadi memperoleh 72 suara, nomor 2 Sadi Kaswadi 77 suara, nomor 3 Toto Carta 45 suara, dan nomor urut 4 Yanyan Sofyan mendapatkan 54 suara.

Terakhir di TPS 5 yang berlokasi di kantor pengelola perumahan Alam Asri Gereba, dengan hak pilih 268 orang. Surat suara sah 263, yang tidak sah 5. Rekapitulasinya, Calon Kades nomor urut 1 Raden Muhammad Heli Mulyadi memperoleh 66 suara, nomor urut 2 Sadi Kaswadi 90 suara, nomor 3 Toto Carta 41 suara, dan nomor urut 4 Yanyan Sofyan memperoleh 66 suara.

“Jumlah yang menggunakan hak suara pada Pilkades Gereba, sebanyak 1.280 suara. Dengan total surat suara sah 1.265 suara dan yang tidak sah 15 suara,” jelas Bagas.

Sesi foto bersama, Panitia Pilkades dan Ketua KPPS Desa Gereba. Seusai sidang pleno terbuka, rekapitulasi penghitungan suara pemilihan Kepala Desa Gereba. Foto: Purnomo Widodo/Siwindumedia.com

Untuk memutuskan siapa yang menjadi calon terpilih sebagai Kepala Desa Gereba, sekitar pukul 16.25 WIB, sidang pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilkades Gereba digelar secara terbuka.

Hasil rekapitulasi dari 5 TPS yang ada, akhirnya panitia pemilihan dalam hal ini diketuai Dani Nurhamdani, memutuskan bahwa yang menjadi Kepala Desa Gereba terpilih adalah calon dengan nomor urut 2, yakni Sadi Kaswadi.

Total raihan suara dari 5 TPS ini, nomor urut 1 Raden Muhammad Heli Mulyadi memperoleh 342 suara, nomor urut 2 Sadi Kaswadi mendapatkan 406
suara, nomor urut 3 Toto Carta mendapatkan 222 suara, dan nomor urut 4 Yanyan Sofyan memperoleh sebanyak 295 suara.

Baca Juga:  Pengen Tahu Sejarah Bengkel Ketok Magic di Indonesia? Ini Cerita Edi Waluyo

Di sela banyaknya tamu yang datang mengucapkan selamat, Sadi Kaswadi atau yang lebih dikenal dengan sapaan akrab Kuwu Ehod sebagai Kepala Desa terpilih, saat di wawancara Siwindumedia.com, di kediamannya, menyampaikan rasa haru dan bahagia atas terpilihnya kembali menjadi sebagai Kepala Desa. Itu lantaran dirinya pernah menjabat Kepala Desa Gereba selama 2 periode.

“Alhamdulillah, ini adalah ketiga kalinya saya terpilih dan menjabat sebagai Kepala Desa. Insya Allah, saya akan menjadi Kepala Desa yang amanah, saya akan menjaga kepercayaan yang telah diberikan masyarakat buat saya,” tekadnya.

Sementara itu, di Desa Cikubangsari, Siwindumedia.com mendapatkan hasil Pilkades yang juga tak kalah seru dengan Desa Gereba di Kecamatan Kramatmulya. dari 3 Calon yang manggung, Kepala Desa terpilih tak lain adalah H Yana, anak muda dengan nomor urut 3.

Adapun jumlah DPT yang ada di Desa Cikubangsari, sebanyak 2009 orang. Perolehan suara H Yana sangat signifikan dibandingkan dengan dua kandidat yang lain. Hasil perolehan suaranya, Calon nomor 1 Yunus (incumbent) sebanyak 101 suara, nomor 2 Adhani 547 suara, dan calon nomor 3 H Yana sebanyak 864 suara.

Cek Juga

Pengelolaan Parkir di Cilimus Disoal, Dishub Diminta Bijak

Pengelolaan Parkir di Cilimus Disoal, Dishub Diminta Bijak

SejuSiwinduMedia.com – 4 perintis lahan parkir di sejumlah titik wilayah Cilimus, meminta Dinas Perhubungan (Dishub) …