Diikuti 15.110 Peserta, Indonesia Pecahkan Rekor Pergelaran Angklung Terbesar di Dunia
Lebih dari 15 ribu peserta berkumpul di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta pada Sabtu (5/8/2023) untuk memecahkan rekor dunia. (Foto: Siwindumedia.com)

Diikuti 15.110 Peserta, Indonesia Pecahkan Rekor Pergelaran Angklung Terbesar di Dunia

Siwindumedia.com – Indonesia berhasil memecahkan rekor Guinnes World Record dengan kategori pergelaran angklung terbesar di dunia. Tercatat sebanyak 15.110 orang bermain angklung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu (5/8/2023) malam.

Perwakilan juri Guinnes World Records, Sonia Ushirogochi menyampaikan, Indonesia telah resmi memecahkan rekor dunia pergelaran angklung. Rekor sebelumnya tercipta juga dari Indonesia dengan jumlah 5.128 orang.

“Sekarang izinkan saya memberi tahu kalian hasilnya. Saya dapat mengonfirmasi dengan 15.110 peserta, kalian telah mencatatkan rekor dunia Guiness,” ujar Sonia Ushirogochi, Adjudicator dari Guiness World Records di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (5/8/2023).

Sonia menyebut Indonesia saat ini telah memiliki 124 rekor dunia. Dengan rekor terbaru ini, Indonesia total memiliki 125 rekor dunia yang 14 di antaranya dicetak di Jakarta.

“Seperti diketahui, rekor saat ini adalah 5.182 peserta. Selain itu, di Indonesia per bulan lalu, Indonesia sendiri memiliki 124 Guinness World Record. Jakarta punya 13 rekor,” ungkapnya.

Pergelaran yang berlangsung selama 7 menit ini membawakan dua lagu, yakni Berkibarlah Benderaku ciptaan Ibu Sud dan Wind of Change dari band asal Jerman, Scorpions.

Rekor Dunia Main Angklung 2023, Jumlah Pemain 3 Kali Lipat dari Rekor Sebelumnya

Seluruh peserta yang memainkan angklung tampak berbaris rapi di lapangan Gelora Bung Karno. Mereka kompak mengenakan kemeja putih, celana hitam, serta ikat kepala dan syal bernuansa merah putih.

Pergelaran ini dipimpin oleh Saung Angklung Udjo asal Bandung, Jawa Barat. Peserta yang memainkan angklung berasal dari berbagai instansi pemerintahan, di antaranya kepolisian, Kemensetneg, Sekretariat Kabinet (Setkab), Kementerian BUMN, Kementerian PUPR, dan sejumlah instansi lain.

Pada kesempatan itu, Sonia menyerahkan sertifikat rekor dunia tersebut kepada Tri Suswati Tito Karnavian, yang merupakan Ketua Umum Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) sekaligus ketua panitia pergelaran. Sertifikat selanjutnya diserahkan kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi).

Indonesia Pecahkan Rekor Pentas Angklung Terbesar di Dunia - News Liputan6.com

Sebelumnya, ribuan pemain angklung yang ikut dalam pergelaran bertajuk The Largest Angklung Ensemble in World ini menyanyikan lagu nasional Berkibarlah Benderaku ciptaan Ibu Sud dan lagu internasional Wind of Change yang dipopulerkan oleh grup musik Scorpions. Para peserta tersebut dipandu oleh Saung Angklung Udjo.

Tampak Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin turut memainkan alat musik yang berasal dari daerah Jawa Barat tersebut. Selain itu, terdapat juga anggota OASE KIM, para pegawai negeri sipil dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) sejumlah kementerian/lembaga, TNI-Polri, organisasi wanita, sekolah kedinasan, pelajar, dan lain-lain.

Tito Karnavian selaku ketua panitia menyampaikan, bahwa upaya pemecahan rekor dunia ini merupakan persembahan untuk HUT ke-78 kemerdekaan RI.

“Kami bertekad ini menjadi persembahan hadiah ulang tahun ke-78 Republik Indonesia tahun 2023,” ujarnya.

Diketahui, pemecahan rekor dunia pergelaran angklung dalam rangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia. Acara ini diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).

Adapun 15.110 orang ini berasal dari perwakilan sejumlah kementerian/lembaga dan TNI/Polri yang telah mengikuti pelatihan selama tiga bulan.

Cek Juga

Pengelolaan Parkir di Cilimus Disoal, Dishub Diminta Bijak

Pengelolaan Parkir di Cilimus Disoal, Dishub Diminta Bijak

SejuSiwinduMedia.com – 4 perintis lahan parkir di sejumlah titik wilayah Cilimus, meminta Dinas Perhubungan (Dishub) …