BPBD Kabupaten Kuningan sosialisasi pengetahuan tentang Mitigasi Bencana pada warga Desa Sukaraja, Ciawigebang/ Foto: Iwan Setiawan/ SiwinduMedia.com

BPBD Kuningan Beri Sosialisasi Tentang Mitigasi Bencana Kepada Warga Desa Sukaraja

SiwinduMedia.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan turut serta dalam mensukseskan kegiatan Non Fisik TMMD ke-117 Kodim 0615 Kuningan yang dilaksanakan di Desa Sukaraja Kecamatan Ciawigebang, Kamis (3/8/2023).

Antusias warga Desa Sukaraja terlihat padati aula Desa untuk mendapatkan sosialisasi pengetahuan tentang Mitigasi Bencana yang disampaikan oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu Permana.

“Tujuan dari sosialisasi ini adalah bagaimana agar masyarakat mengetahui cara menanggulangi jika terjadi bencana, baik itu bencana alam, bencana non alam, ataupun bencana sosial,” ungkap Indra.

Menurut Indra, hal ini sangat penting untuk diketahui oleh semua kalangan, termasuk masyarakat. Terlebih jika pada musim penghujan.

“Jadi para peserta ini diberikan pemahaman serta langkah – langkah yang dilakukan jika terjadi bencana alam seperti banjir misalnya. Jadi memang seharusnya ada antisiapasi dini dalam melakukan penanggulangan bencana alam,” ujarnya.

Indra berharap kerjasama multi pihak ini akan menghasilkan peningkatan kapasitas bagi masyarakat Sukaraja.

Mengingat urusan kebencanaan merupakan urusan bersama. Untuk itu perlu dilakukan penekanan atas peran dan tugas masing-masing unsur, dalam hal ini antara pemerintah daerah dan masyarakat setempat.

Baca Juga:  Perkuat Pertahanan Udara, Kemenhan RI Borong Pesawat Tempur F-15EX dari AS

Hal itu agar dapat bersinergi dalam mencipatakan kondisi aman atas bencana secara mandiri dan kolektif.

Dan SSK TMMD ke-117 Kodim 0615 Kuningan Kapten Inf Sudrajat mengatakan, apa yang dilakukan jajaran TNI tersebut, adalah wujud dharma bakti TNI sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, dalam Undang-Undang TNI disebutkan 3 tugas pokok TNI, yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan.

Dan ketiga tugas pokok tersebut dilaksanakan melalui Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Untuk OMSP salah satu tugas pokok TNI adalah membantu menanggulangi akibat dari bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan serta membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan, SAR (Search And Rescue),” tutupnya.

Cek Juga

Perekrutan PPK Pilkada Kuningan Dituding Bermasalah, Aldi : KPU Diduga Langgar UU 10/2016

SiwinduMedia.com – Perekrutan Panitia Adhock penyelenggara Pilkada serentak 2024 tingkat Kecamatan, atau Panitia Pemilihan Kecamatan …