Terungkap! Inilah Alasan Kenapa Bumbu Indomie Goreng di Jawa dengan di Luar Pulau Jawa Berbeda
Foto ini akhirnya jadi jawaban atas rasa penasaran warganet akan perbedaan Indomie Goreng Sumatera dan di Jawa. (Foto: Tripzilla Indonesia)

Terungkap! Inilah Alasan Kenapa Bumbu Indomie Goreng di Jawa dengan di Luar Pulau Jawa Berbeda

Siwindumedia.com – Indomie Goreng memang sudah sejak lama menjadi mie terfavorit para penikmat kuliner, tak hanya di Indonesia melainkan berbagai belahan dunia.

Baru-baru ini, publik kembali berdebat soal perbedaan Indomie Goreng di Jawa dan Sumatera. Ada yang menyebut bahwa bumbu Indomie Mi Goreng di kedua daerah tersebut memiliki perbedaan yang signifikan perihal bumbu.

Sebuah unggahan video yang menyebutkan adanya perbedaan bumbu dari Indomie goreng yang dijual di Jawa dan luar Jawa ramai di media sosial.

Unggahan tersebut dibuat oleh akun TikTok ini pada (27/7/2023). Dalam videonya, pengunggah mengaku lebih suka dengan Indomie yang ada di Sulawesi daripada Indomie di Jawa.

Perbedaan Bumbu Indomie Goreng untuk pasar Jawa dan Luar Jawa

Perbedaan yang dimaksud bukan terletak pada mie, melainkan pada bumbu yang digunakan. Mi goreng di Pulau Jawa menggunakan saus untuk menciptakan pedas pada sajian mi, sedangkan Indomie di luar Pulau Jawa memakai bubuk cabai.

Ia memperlihatkan Indomie goreng yang ada di Jawa memiliki bumbu kecap, saus sambal, minyak, bawang goreng, dan bumbu tabur. Sedangkan Indomie goreng di Sulawesi memiliki bumbu yang berbeda, yakni merica, kecap, minyak, dan bumbu tabur.

“Iya beda, Indomie Sulawesi dengan Indomie Jawa itu beda,” kata pengunggah dalam videonya.

“Kenapa harus beda ya?” tulis dalam unggahan.

Lantas postingan tersebut kemudian mendapatkan berbagai tanggapan dari warganet. Beberapa warganet asli Sumatera bahkan membagikan pengalaman dan alasan mereka menyukai bubuk cabai dibandingkan saus sambal.

“Yes, kita pakai bumbu berupa bubuk, oh iya cara memasaknya juga beda. Di Sumatera Barat kita masaknya ditumis. Rasanya lebih maknyus sih, waktu rantau ke Jawa ya beda,”sebut salah seorang warganet.

“Aku pernah nanya yang punya Indomienya langsung wkwk, karena sesuai permintaan pasar,”imbuh warganet lain.

“Orang Jawa mungkin cenderung lebih suka manis ya. Aku sebagai wong kito lebih suka versi Sumatera,”timpal warganet lainnya.

Hingga, Sabtu (5/8/2023) pagi, unggahan video tersebut sudah dilihat sebanyak 13,9 juta kali dan mendapatkan lebih dari 20.000 komentar dari warganet.

Resep Masakan Mie Goreng Jawa Pedas - Food Fimela.com

Saat dikonfirmasi, Head of Corporate Public Relation Indofood Novi Arlaida membenarkan Indomie goreng di Jawa dan luar Jawa memiliki bumbu yang berbeda.

Dia menjelaskan, perbedaan itu lantaran perusahaan berupaya menyesuaikan selera masyarakat yang mengonsumsi Indomie di kedua wilayah itu.

“Memang benar, Indomie goreng memiliki 2 SKU (Stock Keeping Unit) yang disesuaikan dengan lidah masyarakat,” ujarnya, Rabu (2/8/2023).

Novi mengungkapkan, Indomie goreng yang diproduksi untuk didistribusikan di Pulau Jawa bumbunya terdiri dari saus cabai, kecap, minyak, bawang goreng, dan bumbu tabur.

Sedangkan Indomie goreng yang didistribusikan di luar Pulau Jawa, seperti di Sulawesi berisi bumbu bubuk, bubuk cabai, kecap, dan minyak.

Novi juga mengungkapkan, perusahaan telah melakukan tes terlebih dahulu sebelum meluncurkan produk ke pasar.

“Sebelum meluncurkan produk ke pasar, Tim Marketing Noodle kami melakukan tes dan mendapatkan insight yang berbeda dari masyarakat penggemar Indomie goreng di Indonesia dari beberapa daerah,” ungkap Novi.

“Sehingga kami menyesuaikan dengan selera lokal,” sambungnya.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

https://www siwindumedia com/6266/terungkap-inilah-alasan-kenapa-bumbu-indomie-goreng-di-jawa-dengan-di-luar-pulau-jawa-berbeda#:~:text=Dia menjelaskan, perbedaan itu lantaran 2/8/2023),https://www siwindumedia com/6266/terungkap-inilah-alasan-kenapa-bumbu-indomie-goreng-di-jawa-dengan-di-luar-pulau-jawa-berbeda,https://www siwindumedia com/6266/terungkap-inilah-alasan-kenapa-bumbu-indomie-goreng-di-jawa-dengan-di-luar-pulau-jawa-berbeda#:~:text=Perbedaan yang dimaksud bukan terletak Pulau Jawa memakai bubuk cabai,https://www siwindumedia com/6266/terungkap-inilah-alasan-kenapa-bumbu-indomie-goreng-di-jawa-dengan-di-luar-pulau-jawa-berbeda#:~:text=Saat dikonfirmasi, Head of Corporate Indomie di kedua wilayah itu,kenapa mie di Sumatera gak ada saus

Cek Juga

Unik! Ibu-Ibu Ikut Obrog, Bangunkan Sahur Sambil Karaokean

Unik! Ibu-Ibu Ikut Obrog, Bangunkan Sahur Sambil Karaokean

SiwinduMedia.com – Setiap memasuki bulan Ramadhan, Obrog menjadi aktivitas yang sering dijumpai dibeberapa daerah di …