Permudah Pelayanan Masyarkat, Sekda Dian : ASN Harus Melek Teknologi

SiwinduMedia.com – Seiring berkembangnya teknologi yang semakin pesat, seluruh masyarakat beserta perangkat pemerintahan harus benar-benar bisa mengikuti perkembangan tersebut.

Sumber daya manusia (SDM) memegang peran penting bagi keberhasilan suatu pekerjaan. Kemajuan ilmu pengetahuan di era teknologi informasi ini tidak akan berarti apa-apa tanpa dibarengi kesiapan SDM.

Saat ini penerapan teknologi dalam dunia kerja memang sangatlah penting. Sebab, teknologi telah menjadi alat bantu dalam upaya meningkatkan produktivitas atau meringankan suatu pekerjaan.

Era digitalisasi dan modernisasi ini menuntut masyarakat, terutama Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengikuti dan menguasai teknologi. Khususnya, dalam mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

Dian Rachmat Yanuar, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, mengungkapkan lahirnya revolusi teknologi industri 4.0 mendorong semua komponen untuk berinovasi dan beradaptasi untuk menciptakan suatu karya berbasis digital. Seperti kecerdasan buatan atau yang disebut Artificial Intellegence (AI).

“Kecerdasan buatan (AI) tidak akan mampu mengalahkan kecerdasan manusia. Karena manusia adalah ciptaan Tuhan yang memiliki sifat kreatif dan inovatif,” kata Dian Rachmat saat memimpin kegiatan apel pagi di Disnakertrans Kabupaten Kuningan terkait beradaptasi dengan teknologi, Jum’at (4/8/2023).

Dian juga menuturkan bahwa sebelumnya ia juga pernah mengikuti pelatihan Digital Capacity Building Program for Civil Servant of West Java Province di Local Government Official Development Institute (LOGODI) di Korea Selatan.

Dian Rachmat memberi semangat kepada seluruh ASN agar mampu beradaptasi dengan teknologi masa kini. Untuk menunjang tugasnya dapat berjalan dengan baik.

“Menyikapi berbagai perubahan teknologi, kami imbau ASN dilingkup Pemkab Kuningan untuk terus membangun jiwa kedisiplinan, kapasitas, dan attitude yang baik. Kepada seluruh pegawai untuk tetap guyub dan kompak dalam menjalankan tugas sebagaimana mestinya,” pesan Dian.

Sementara itu, Elon Carlan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) mengucapkan terimakasih kepada Sekda Kuningan atas semua yang telah disampaikan dalam kegiatan apel pagi tersebut.

Motivasi serta semangat yang telah disampaikan kepada seluruh jajaran ASN untuk menjadi generasi yang melek terhadap perkembangan teknologi digital.

“Kami sangat bersyukur atas apresiasi dan respon dari Pak Sekda terhadap Disnakertrans, yang sudah menyempatkan untuk memimpin apel dan silaturahmi dengan seluruh pegawai. Ini memacu kami memberikan yang terbaik dalam pelayanan berbasis digital kepada masyarakat. Dengan layanan digital tentu akan memudahkan masyarakat mengakses informasi dan program yang ada di instansi kami,” ucap Elon.

Cek Juga

Innalillahi! Mantan Bupati Kuningan Acep Purnama Tutup Usia

Innalillahi! Mantan Bupati Kuningan Acep Purnama Tutup Usia

SiwinduMedia.com – Kabar duka datang dari Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Mantan Bupati H Acep Purnama …