Jokowi Berambisi Upacara HUT RI 2024 di IKN, Pembangunan Terus Dikebut
Suasana pembangunan Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (3/8/2023). (Foto: Kompas)

Jokowi Berambisi Upacara HUT RI 2024 di IKN, Pembangunan Terus Dikebut

Siwindumedia.com – Presiden Joko Widodo berambisi untuk melakukan upacara perayaan HUT RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024. Pemerintah pun sampai saat ini terus mempercepat pengadaan tanah IKN di Kalimantan Timur.

“Memang kita ada target 17 Agustus 2024 ada upacara bendera di IKN,” ujar Jokowi saat mengunjungi kawasan kompleks perumahan menteri di kawasan IKN pada 23 Februari 2023, dikutip Jumat (4/8/2023).

Demi mewujudkan keinginan Jokowi itu, Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo menjelaskan, pemerintah tengah mengebut pergantian tanah kepada masyarakat, dan diharapkan bisa selesai sebelum Agustus 2024.

Selain itu juga beberapa proyek saat ini mulai dibangun di lahan IKN, salah satunya adalah Bendungan Sepaku Semoi yang akan dijadikan sebagai sumber air bagi masyarakat.

“Mungkin akan diupayakan selesai sebelum 2024 Agustus, karena bagaimanapun juga kalau kantor sudah beroperasi di sana kan butuh air, itu yang paling penting. Listrik juga itu semua teman-teman Kementerian PUPR sedang menyiapkan,” jelas Wahyu saat ditemui di kantornya, Kamis (13/7/2023).

Baca Juga:  Petisi Linggarjati! Kiai dan Akademisi di Kuningan Ingatkan Presiden Bersikap Negarawan

“Di kita itu terutama untuk menyelesaikan wilayah intinya karena Bapak Presiden kan ingin tahun depan sudah pindah pemerintahan itu. Inilah dengan Kementerian PUPR kita membantu terutama untuk menyediakan tanah yang diperlukan untuk mengganti kepada masyarakat yang terdampak di sana,” kata Wahyu lagi.

Indonesia.go.id - Membangun Istana di Ibu Kota Negara

Sementara itu, menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, kantor presiden dan kantor menko di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan rampung pada Juni-Juli 2024.

“Kalau di IKN insyaallah, jadi sekarang sudah 36 persen untuk kantor presiden, untuk kantor menko, mudah-mudahan Juni-Juli 2024 sudah jadi,” kata Basuki saat di Fakultas Teknik UGM, Kamis (3/8).
“Lapangan juga sudah jadi, jalan sudah jadi insyaallah masih on schedule untuk bisa upacara 17an (17 Agustus 2024) di IKN,” jelasnya.
Basuki mengatakan minggu lalu dia baru saja ke IKN. Pada bulan September mulai menanam tanaman di IKN.
“Tanaman sudah di sana semua sudah puluhan ribu. Tinggal nanam,” katanya.
Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau dimulainya penanganan jalan daerah di sekitar kawasan penyangga IKN Nusantara. Dalam kunjungannya ke IKN, Basuki salah satunya melihat perbaikan jalan daerah akses wisata Goa Batu Tapak Raja di Kabupaten Penajam Paser Utara.
Ia memastikan bahwa penanganan jalan-jalan daerah yang rusak sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah telah dimulai secara serentak di seluruh Nusantara pada akhir Juli 2023.
“Kami ingin memastikan bahwa Inpres Jalan Daerah sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo harus mulai bulan Juli 2023 ini. Menurut saya sudah kita mulai semuanya, termasuk pada ruas jalan ini,” ujar Basuki dalam keterangan resmi, Rabu (2/8/2023).

Cek Juga

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

SiwinduMedia.com – Sejumlah masyarakat Desa Kadatuan Kecamatan Garawangi menggelar deklarasi dukungan kepada H Yanuar Prihatin …