Hanya 20 Ribu
Dermaga Perahu Wisata yang sedang menunggu pengunjung. Rabu, (2/8/2023). Foto : Fikron Lutfi Arif/Siwindumedia.com

Cukup Bayar 20 Ribu, Pengunjung Bisa Nikmati Indahnya Waduk Darma Naik Perahu Wisata

SiwinduMedia.com – Revitalisasi Obyek Wisata Waduk Darma oleh Gubernur Jawa Barat yang beralamat di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan membawa perubahan bagi sejumlah pencari nafkah, diantaranya jasa sewa perahu yang mengelilingi Waduk Darma.

Wisata air perahu Waduk Darma jadi salah satu wahana yang paling sering diminati. Dari beberapa wisata air yang ada di Kabupaten Kuningan salah satu yang jadi favorit adalah obyek wisata Waduk Darma yang kini menyediakan jasa sewa perahu keliling.

Untuk menikmati indahnya panorama Waduk Darma beserta pemandangan bukit dan pulau kecil, anda dapat menyewa sebuah perahu dengan harga sewa sebesar Rp. 20.000 per orangnya untuk satu kali naik dengan kapasitas perahu sekitar 10 orang.

Hanya 20 Ribu
Perahu wisata yang sedang diparkirkan di dermaga waduk darma. Rabu, (2/8/2023). Foto : Fikron Lutfi Arif/Siwindumedia.com

Salah satu pemilik perahu yang biasa dijadikan jasa sewa tersebut adalah Manab, warga Desa Jagara. Ia mengaku setelah adanya revitalisasi, kini Obyek Wisata Waduk Darma punya wisata air. Hal tersebut menjadi berkah untuknya, sebab ia bisa menggunakan perahunya untuk disewakan kepada para pengunjung.

“Alhamdulillah setelah ada perubahan, ya saya sebagai warga lokal bisa memanfaatkan perahu saya untuk dipakai jasa sewa perahu keliling Danau Waduk Darma,” ungkap Manab kepada siwindumedia.com. Rabu, (2/8/2023).

Tentu Manab tak sendiri, ia bersama teman lainnya yang mempunyai perahu untuk disewakan. Terdapat 12 unit perahu yang dipakai jasa sewa untuk para pengunjung.

Dengan harga tersebut, pengunjung dapat menikmati obyek wisata air dengan berkeliling menaiki perahu selama 30 menit. Dari kapasitas perahu sendiri hanya muat 10 orang saja untuk satu kloter.

Lanjut Manab, ia yang sebelumnya hanya pengrajin sampan/perahu kecil untuk alat transportasi petani tambak ikan yang ada di Danau Waduk Darma tersebut kini setelah adanya renovasi ia bisa mendapatkan peluang usaha dengan bermodalkan perahu.

Manab menuturkan kepada tim siwindumedia.com saat dalam podcast Siwindumedia.com keliling Danau Waduk Darma, pendapatan yang ia peroleh dari jasa sewa perahu ini tentunya naik turun. Tergantung dari derasnya pengunjung wisata.

“Ya kalo pendapatan sih ngga nentu berapa-berapanya, itu tergantung dari banyaknya pengunjung. tapi kan ngga semua pengunjung wisata Waduk Darma mau naik perahu ini,” kata Manab.

“Untuk pendapatan yaa kalo lagi sepi atau hari-hari biasa palingan cuman dapet 100 ribu, kalo hari libur paling gede ya cuman dapet 200 -300 ribu saja, itu juga kalo rame banget,” pungkas Manab

Cek Juga

Antisipasi Musim Kemarau dan Elnino, Kementan RI Bantu Kelompok Tani Pompa Air

Antisipasi Musim Kemarau dan Elnino, Kementan RI Bantu Kelompok Tani Pompa Air

SiwinduMedia.com – Kementerian Pertanian Republik Indonesia dalam upaya peningkatan produksi nasional. Memberikan bantuan pompanisasi kepada …