Hebat! Siswa SMA Negeri 1 Ciawigebang Raih Runner Up 3 Wajada Jabar 2023
Foto: Dok. Ist.

Hebat! Siswa SMA Negeri 1 Ciawigebang Raih Runner Up 3 Wajada Jabar 2023

Siwindumedia.com – Bertempat di Gedung Kesenian Rumentang Siang Kota Bandung. Gelaran Pasanggiri Wanoja Jajaka Budaya Jawa Barat (Wajada Jabar) 2023, telah berlangsung pada hari Minggu (30/7/2023). Rangkaian acara pemilihan dimulai sejak tanggal 24 hingga 30 Juli 2023, yang terdiri dari Pra Karantina, Unjuk Bakat, Karantina dan Grand Final.

Pasanggiri Wanoja Jajaka Budaya Jawa Barat 2023 adalah sebuah ajang pencarian Duta Kebudayaan Jawa Barat yang berfokus pada aspek kebudayaan.

Baik secara cultural experience dan cultural knowledge, yang di prakarsai oleh Yayasan Nonoman Palamarta Budaya dan bekerjasama dengan Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

Adapun kriteria pemenang sendiri merupakan sosok yang memiliki kemampuan dalam bidang aksara sunda baik tulis maupun baca, berbahasa daerah aktif, advokasi yang dijalankan minimal 1 tahun dengan aspek kebudayaan, dan penguasaan 3 zonasi kebudayaan.

Dalam ajang tersebut, perwakilan dari Kuningan berhasil menyabet gelar Runner Up 3 (Juara 4). Sosok tersebut adalah Muhammad Zaenul Sidqi (17) yang merupakan siswa SMA Negeri 1 Ciawigebang.

Baca Juga:  Jelang Akhir Masa Kekuasaan, Acep Akui Kuningan Masih Miskin Ekstrem

Muhammad Zaenul Sidqi saat dimintai keterangan Siwindumedia.com, mengungkapkan rasa syukurnya. “Alhamdulillah pada ajang Pasanggiri Wanoja Jajaka Budaya Jawa Barat 2023 Zaen (nama panggilan, red) diberikan kepercayaan menjadi Runner Up 3 atau (Juara 4) sungguh pengalaman yang luar biasa yang tidak bisa digantikan oleh apapun,” ungkap Zaen.

Saya ucapkan banyak terimakasih, khsususnya kepada orang tua, dan Dinas Pendidikan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, yang sudah memberikan support. Kepada aa Aditya Toharudin yang sudah mementori Zaen, Teater Siliwangi Kuningan, Nisya Batik, Om Endang Komara, serta teman-teman: Aal, Adrian Muhfizar, Ezi, dan Teguh yang sudah membantu perjalanan Zaen.

“Terutama SMA Negeri 1 Ciawigebang, dalam hal ini Ibu Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Ciawigebang, yang selalu mendukung penuh kegiatan positif anak-anak,” Zaen ucapkan terimakasih.

Sudah 2 tahun terakhir Kuningan berhasil meraih prestasi terbaik di Pasanggiri Wanoja Jajaka Budaya Jawa Barat. Pada tahun 2021 Kuningan berhasil meraih Wakil II Jajaka Budaya Jawa Barat 2021 (Juara 3) yang pada saat itu diwakili oleh Riki Lesmana (Mahasiswa Prodi. Pendididkan Bahasa Sastra Indonesia).

Baca Juga:  Relawan Ganjar Mania Kuningan Siap Menangkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Dan 2023 meraih gelar Runner Up 3 atau Harapan 1 Jajaka Budaya Jawa Barat 2023.

Cek Juga

Tanggapi Masalah Kohe di Wilayah Cigugur, Pemda Kuningan Gandeng TNGC Bangun IPAL

Tanggapi Masalah Kohe di Wilayah Cigugur, Pemda Kuningan Gandeng TNGC Bangun IPAL

SiwinduMedia.com – Menanggapi banyaknya laporan warga terkait pembuangan limbah ternak yang tidak tepat sasaran, Penjabat …