Persiapan Oke, PPKD Desa Cikubangsari Siap Sukseskan Pilkades Serentak 2023
Foto calon Kepala Desa Cikubangsari, untuk Pilkades Serentak 2023. Foto: Purnomo Widodo/Siwindumedia.com

Persiapan Oke, PPKD Desa Cikubangsari Siap Sukseskan Pilkades Serentak 2023

Siwindumedia.com – Sebanyak 94 Desa dari 31 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kuningan, akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada tanggal 6 Agustus 2023.

Di Kecamatan Kramatmulya, ada dua Desa yang mengikuti perhelatan tersebut. Yaitu Desa Cikubangsari dan Desa Gereba.

Nanang Kusnandar SE, selaku Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Cikubangsari, Senin (31/7/2023) di kantor sekretariat PPKD. Kepada Siwindumedia.com, menyampaikan perihal pilkades di Cikubangsari.

“PPKD Cikubangsari dilantik tanggal 12 Mei 2023, beranggotakan tujuh orang. Saya sebagai Ketua, Sekretaris Asep Danan Husin, 5 anggota lainnya yaitu Mochammad Sofyan Bahtiar, Arip, Dede Nasihin, Siska Sutrisliani, dan Dian Handayani,” ujar Nanang.

Untuk calon kepala desa, setelah proses verifikasi berkas, dan sudah di tentukan juga nomor urutnya.

“Nomor urut 1 Yunus, S.Sos, nomor urut 2 Adhani, dan untuk nomor urut 3 H Yana,” sambung Nanang.

Tiga orang kandidat ini akan memperebutkan 2007 suara yang tersebar di lima Tempat Pemungutan Suara (TPS), untuk menjadikannya orang nomor satu di Desa Cikubangsari.

Baca Juga:  Tidak Ada Dalam Aturan, Kepala dan Perangkat Desa Tak Akan Diberi THR dan Gaji ke-13

Lebih lanjut Nanang menjelaskan, dari 2007 suara, saya targetkan InsyaAllah 95% suara akan masuk. Karena itu kami adakan pemetaan TPS, dikhususkan untuk orang tua, jompo atau yang sedang sakit dipastikan rumahnya dekat dengan TPS.

Ada beberapa peraturan pelaksanaan Pilkades tahun ini, antara lain adalah TPS tidak dipusatkan di satu titik seperti alun-alun atau kantor desa, mengikuti format yang serupa dengan Pemilu atau Pilkada.

Terdapat juga pembatasan jumlah pemilih, dengan maksimal 500 pemilih di setiap TPS. Selain itu, pasangan calon kepala desa tidak diperbolehkan berada di lokasi TPS.

“PPKD Desa Cikubangsari, pada tanggal 14 Juli 2023 sudah membentuk tim Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Sebanyak 35 orang siap bertempur di acara tanggal 6 Agustus 2023 nanti. 35 anggota akan disebar di 5 TPS yang ada, dari susunan ketua, anggota, dan pam TPS,” tuturnya.

Sosialisasi terus dilakukan oleh Panitia melalui himbauan di mesjid dan mushola-mushola yang ada di wilayah Desa.

Sekarang PPKD Cikubangsari, sudah sampai pada tahapan visi misi dan deklarasi damai. Masih kata Nanang, nanti siang sekitar pukul 14.00 WIB semua calon akan datang untuk mendukung dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga:  Mengenang Tragedi 14 Mei 1998, Salah Satu Masa Kelam Dalam Sejarah Hak Asasi Manusia di Indonesia

“Sesuai dengan Perbup, masa kampanye akan berlangsung besok dari tanggal 1-4 Agustus 2023. Berhubung Cikubangsari ada 3 calon saja masa kampanye akan berlangsung 3 hari saja. Jadi di tanggal 4 Agustus 2023 akan dimanfaatkan Panitia, BPD, dan Pemerintahan Desa untuk silahturahmi ke setiap calon. Untuk hari tenang di tanggal 5 Agustus 2023, semua calon diharap sudah mencabut semua alat peraga kampanye yang terpasang,” jelas Nanang.

Disinggung mengenai akan adanya serangan fajar, Nanang menegaskan menurut info-info dari luar InsyaAllah untuk Cikubangsari hal-hal begituan tidak ada. Mudah-mudahan kita berdoa saja tidak ada.

Kita juga selalu ada jadwal piket dari Linmas, belum dibantu delegasi dari Polsek Kramatmulya untuk menjaga keamanan dan kondusifitas pelaksanaan pilkades ini. Kalaupun toh nanti dalam pelaksanaannya, ada yang melakukan serangan fajar oleh salah satu tim. Dan itu dinyatakan dengan bukti-bukti yang kuat, telah melakukan pelanggaran maka dipastikan calon tersebut akan di diskualifikasi atau gugur.

Diakhir wawancara Nanang berharap, hajatan warga Cikubangsari ini bisa terselenggara dengan sukses, aman, damai, tidak ada ekses di kemudian hari.

Baca Juga:  Cukur Yordania 4-1, Timnas U-23 Lolos ke Perempat Final Piala ASIA

“Karena istilahnya kita kan, masih sama orang-orang Cikubangsari, buat apa sih gontok-gontokan, ribut-ribut. Tujuannya kan untuk membangun Cikubangsari menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Sementara ditempat yang sama, Kanit Bimas Polsek Kramatmulya Aiptu Bambang Hermanto, menyampaikan bahwa dari Polsek Kramatmulya selalu siap untuk membantu mensukseskan Pilkades ini.

“Alhamdulillah sampai saat ini dua Desa di Kramatmulya yang akan melaksanakan pilkades masih kondusif,” kata Bambang.

Cek Juga

Perekrutan PPK Pilkada Kuningan Dituding Bermasalah, Aldi : KPU Diduga Langgar UU 10/2016

SiwinduMedia.com – Perekrutan Panitia Adhock penyelenggara Pilkada serentak 2024 tingkat Kecamatan, atau Panitia Pemilihan Kecamatan …