Angka Pengangguran di Indonesia Jadi Sorotan, 13,33 Persen Lulusan Perguruan Tinggi Masih Berstatus Pengangguran
Rinciannya, 235.559 lulusan perguruan tinggi vokasi dan 884.759 lulusan perguruan tinggi akademik. (Foto: Tirto.id)

Angka Pengangguran di Indonesia Jadi Sorotan, 13,33 Persen Lulusan Perguruan Tinggi Masih Berstatus Pengangguran

Siwindumedia.com – Angka pengangguran di Indonesia menjadi sorotan. Kemdikbduristek menyatakan, sebanyak 13,33 persen lulusan universitas berstatus pengangguran. Terdapat 1.120.128 orang lulusan perguruan tinggi yang terhitung pengangguran pada 2022.

Rinciannya, 235.559 lulusan perguruan tinggi vokasi dan 884.759 lulusan perguruan tinggi akademik.

“Dari sisi presentase ini semua tentu tantangan yang besar. Kita harapkan perguruan tinggi bisa menjadi driving force dalam pertumbuhan ekonomi bangsa,” jelas Prof. Nizam, Plt. Dirjen Diktiristek di Jakarta, Kamis, 27 Juli 2023.

Nizam juga mengatakan persentase wirausahawan atau individu yang mempunyai usaha sendiri di Indonesia sejumlah 3,47%.

“Sehingga paling rendah di Asia,” ujarnya.

Ia melihat, Indonesia memiliki banyak wirausahawan. Di mana Kemendikbudristek berusaha untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan dari para wirausahawan tersebut.

Berkenaan dengan rendahnya wirausahawan dan tingginya pengangguran di Indonesia, pihak kementerian akhirnya meluncurkan Program Wirausaha Merdeka pada tahun 2022. rogram ini merupakan program pembelajaran mahasiswa untuk menjadi calon wirausahawan melalui kegiatan di luar kelas. Program ini ditujukan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa belajar dan membekali mahasiswa sebagai wirausahawan.

Baca Juga:  Hasil Seleksi IPDN 2023 Diumumkan Hari ini, Berikut ini Link dan Cara Ceknya

“Kegiatannya itu di luar dunia perkuliahan. Jadi lebih banyak berupa training, mentoring, coaching, untuk membangun serta mendorong untuk mendapatkan pengalaman wirausahawan,” papar Nizam.

Pada tahun 2022, Kemendikbudristek menargetkan sebanyak 10.000 peserta dan 15 perguruan tinggi tergabung dalam program ini. Setelah melalui evaluasi, jumlah peserta maupun perguruan tinggi berhasil melampaui target.

“Pada akhirnya 11.405 [mahasiswa] mengikuti Program Wirausaha Merdeka yang dilaksanakan di 17 perguruan tinggi,” jelasnya.

Pendaftaran Wirausaha Merdeka 2023 sendiri telah ditutup pada 21 Juli lalu. Kemendikbudristek menargetkan sebanyak 12.000 mahasiswa akan tergabung dalam program ini.

Cek Juga

Gasspool! Karang Taruna Luncurkan Program Pendataan Pengurus Desa/Kelurahan se-Kabupaten Kuningan

Gasspool! Karang Taruna Luncurkan Program Pendataan Pengurus Desa/Kelurahan se-Kabupaten Kuningan

SiwinduMedia.com – Sesuai dengan amanat pengurus Karang Taruna Provinsi Jawa Barat, mengenai keteraturan database pengurus …