Cegah Karhutla di Kawasan TNGC, Humas : Kita Harus Peduli Api
Adi Sularso (baju kotak coklat) dan tim siwindumedia.com saat wawancara diruang tamu BTNGC. Kamis, (27/7/2023). Foto : Fikron Lutfi Arif/Siwindumedia.com

Cegah Karhutla di Kawasan TNGC, Humas : Kita Harus Peduli Api

SiwinduMedia.com – Humas Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, Adi Sularso menyampaikan upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan TNGC pada saat musim kemarau.

Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), termasuk dalam wilayah administratif Kabupaten Kuningan dan Majalengka dengan luas 14.800 Ha, yang berbatasan langsung dengan 32 desa di Kabupaten Kuningan dan 22 desa di Kabupaten Majalengka.

Memasuki musim kemarau, Adi menuturkan harus tetap waspada terhadap kebakaran, terutama ketika penggunaan api dalam aktifitas sehari-hari.

“Harus selalu waspada, sekarang sudah masuk musim kemarau ditambah angin kencang,” ujar Adi kepada tim siwindumedia.com di BTNGC.

Tak hanya itu, Adi menerangkan bahwa 99% penyebab kebakaran tersebut disebabkan oleh human error. Namun, Adi beserta anggota BTNGC lainnya selalu mengantisipasi dan terus memantau pergerakan aktifitas warga masyarakat dikawasan TNGC.

Adi mengungkapkan salah satu tugas BTNGC yaitu mencegah terjadinya (karhutla), pihak BTNGC melakukan monitoring jadwal piket di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).

“Tugas TNGC bergiliran dijadwal, terutama setiap hari sabtu-minggu,” ujar Adi.

“Kami berharap sebagai dari pihak BTNGC untuk jadwal piket tersebut akan diteruskan sampai musim penghujan tiba atau sekitar bulan Oktober,” pungkas Adi.

Cek Juga

Antisipasi Musim Kemarau dan Elnino, Kementan RI Bantu Kelompok Tani Pompa Air

Antisipasi Musim Kemarau dan Elnino, Kementan RI Bantu Kelompok Tani Pompa Air

SiwinduMedia.com – Kementerian Pertanian Republik Indonesia dalam upaya peningkatan produksi nasional. Memberikan bantuan pompanisasi kepada …