Warnai Peringatan Tahun Baru Islam 1445 H, Mahasiswa KKN STKIP Gelar Santunan Anak Yatim dan Perlombaan Islami di Desa Mungkaldatar

SiwinduMedia.com – Mahasiswa KKN STKIP Muhammadiyah Kuningan mengadakan acara peringatan tahun baru islam 1445H di Desa Mungkaldatar, Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan. Minggu, (23/7/2023)

Terdapat beberapa rangkaian kegiatan mulai dari kegitan perlombaan islami anak-anak, santunan anak yatim serta pembagian wakaf al-Qur’an ke Masjid dan Musolah yang ada di Desa Mungkaldatar, dan tausyiyah.

Untuk menyukseskan acara peringatan tahun baru islam ini, mahasiswa KKN STKIP Muhammadiyah Kuningan dibantu ole para anggota karang taruna desa Mungkaldatar.

Tema yang diambil dalam acara peringatan tahun Baru Islam 1445 H terrsebut yaitu “Melalui Bulan Muharram, kita kuatkan solidaritas dan kepedulian sesama insan”.

Ketua KKN mengungkapkan bahwa tema yang diambil merupakan sebuah motivasi untuk terus berlomba menjadi manusia yang bermanfaat dunia akhirat

“Kita sebagai manusia hanya bisa memperbaiki diri kita sendiri, terutama berbuat baik kepada sesama manusia,” ungkap Ketua KKN

Kegiatan perlombaan yang dilaksanakan di Masjid Al- Hikmah mewarnai kegiatan tersebut yang mana terdapat 5 perlombaan yaitu pildacil, Lomba Cerdas Cermat (LCC), kaligrafi,sambung ayat, dan lomba adzan yang dimulai dari pukul 08.00 WIB pagi hingha pukul 12.00 WIB siang.

Ada pun sasaran untuk perlombaan islami tersebut Ketua KKN menjelaskan yaitu untuk anak SD – SMP.

“Sasaran perlombaan ke anak SD – SMP ini menurut saya sangat tepat, karena pada masa usia tersebut anak-anak perlu dilatih skil dan mentalnya,” imbuhnya

Dilanjutkan Malam harinya sebagai malam puncak dari peringatan Tahun Baru Islam 1445 H yang awali dengan santunan kepada anak yatim piatu yang bekerja sama dengan Lazismu STKIP Muhammadiyah Kuningan, serta diteruskan acara tausiyah di Masjid Al-Hikmah oleh Nugraha Cahya Wiguna yang merupakan salah satu mahasiswa KKN.

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh warga masyarakat Desa Mungkladatar mulai dari tokoh masyarakat, aparat desa, muda mudi, Karang Taruna, serta anak-anak yang ikut turut meramaikan. Tak kalah juga dengan ibu-ibu yang membawa berbagai macam makanan untuk dijadikan suguhan dalam acara.

Dalam malam puncak peringatan tahun baru islam ini mahasiswa KKN STKIP Muhammadiyah Kuningan mengadakan acara santunan anak yatim yang bekerja sama dengan Lazismu STKIP Muhammadiyah Kuningan. Santunan yang diberikan berupa uang dan sembako.

Acara berakhir sekitar pukul 21.30 yang diakhiri dengan foto bersama dengan mahasiswa KKN STKIP Muhammadiyah Kuningan, aparat desa, serta tokoh masyarakat lainnya.

Cek Juga

Pengelolaan Parkir di Cilimus Disoal, Dishub Diminta Bijak

Pengelolaan Parkir di Cilimus Disoal, Dishub Diminta Bijak

SejuSiwinduMedia.com – 4 perintis lahan parkir di sejumlah titik wilayah Cilimus, meminta Dinas Perhubungan (Dishub) …