Museum Taman Purbakala Cipari/ Foto: SiwinduMedia.com/ Iwan Setiawan

Butuh Perhatian! Wisata Edukasi di Taman Situs Purbakala Cipari

SiwinduMedia. Com – Terkenalnya Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Pariwisata berbanding terbalik dengan Cagar Museum Situs Taman Purbakala yang berada di Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur.

Situs Museum yang mengandalkan sejarah perdaban manusia sebagai bahan edukasi mulai dari Kampak Batu, gelang batu, dan gerabah yang terbuat dari tanah liat menjadi saksi peradaban manusia termasuk Kabupaten Kuningan yang hari ini kurangnya pengunjung.

Lurah cipari Nining Kurniasih Menjelaskan pada SiwinduMedia.com, Rabu (26/07/23), Kurangnya pengunjung di Taman Purbakala Cipari memang sudah lama, secara pengelolaan situs sudah dikelola pihak provinsi Jawa Barat.

Baca Juga:

Mengenal Museum Taman Wisata Purbakala Cipari, Situs Peninggalan Zaman Megalitik

” Untuk pengelolaan Situs Taman Purbakala Cipari sudah dikelola oleh pusat, begitu pun para pegawai yang mengelola itu ada beberapa dari provinsi dan ada juga dari Kabupaten, ” Jelasnya.

Ada beberapa upaya yang sudah dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan untuk meningkatkan jumlah pengunjung Situs Museum Taman Purbakala Cipari, diantaranya mulai dari jalur bus wisata Kemuning yang sengaja berhenti didepan Situs, dan ada beberapa pembangunan bangunan baru dimulai dengan gajebo, Museum Budaya dan tempat penginapan untuk pengunjung.

Baca Juga:  Taman Purbakala Cipari! Antara Masa Neolitik dan Paleometalik Prasejarah Kuningan

“Sudah diupayakan secara infatruktur di perlengkap, cuman mungkin tinggal secara pemasaran wisata yang perlu ditingkatkan, karena wisata taman purbakala berbeda dengan wisata yang lain, dimana yang lain memberikan keindahan view Kuningan, Situs Taman Purbakala memberikan edukasi sejarah,” Ungkapnya

Dirinya berharap dengan adanya situs taman purbakala cipari juga sebagai icon wisata kuningan dalam bidang edukasi pendidikan, dan sebagai cagar budaya yang harus dilestarikan untuk anak cucu.

Cek Juga

Perekrutan PPK Pilkada Kuningan Dituding Bermasalah, Aldi : KPU Diduga Langgar UU 10/2016

SiwinduMedia.com – Perekrutan Panitia Adhock penyelenggara Pilkada serentak 2024 tingkat Kecamatan, atau Panitia Pemilihan Kecamatan …