Resmi Dijual! Berikut ini Kelebihan dari Jenis BBM Baru Pertamina Green 95
Pertamina resmi meluncurkan Pertamax Green 95, Senin (24/7/2023) (Foto: Tirto.id)

Resmi Dijual! Berikut ini Kelebihan dari Jenis BBM Baru Pertamina Green 95

Siwindumedia.com –Pertamina akhirnya resmi menjual Pertamax Green 95, jenis bahan bakar minyak (BBM) terbaru pada Senin (24/7/2023). Harga BBM baru ini dibanderol sebesar Rp 13.500 per liter.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, mengungkap tiga kelebihan utama hadirnya produk bahan bakar kendaraan (BBK) baru, Pertamax Green 95.

Pertama, dengan RON 95, pemakaian Pertamax Green 95 berkontribusi untuk menurunkan emisi karbon sehingga berdampak positif untuk lingkungan.

“Produk baru ini merupakan langkah nyata Pertamina dalam mendukung pencapaian target net zero emission 2060,” ujar Nicke di Jakarta, Selasa (25/7/2023).

Kedua, Pertamax Green 95 bagus untuk kualitas mesin. Pertamax Green 95 menjadi tonggak penting bagi Pertamina dalam pengembangan dan penyediaan biofuel untuk jenis gasoline.

“Peningkatan oktan mendorong penurunan karbon emisi yang bisa memperbaiki lingkungan dan meningkatkan kualitas mesin kendaraan,” jelasnya.

Ketiga, Pertamax Green 95 ramah lingkungan yang menggunakan bahan baku terbarukan yaitu bioetanol sebanyak 5%, yang dicampurkan ke dalam gasoline. Kehadiran Pertamax Green 95 juga akan mengurangi impor gasoline sehingga memperbaiki neraca perdagangan nasional.

Baca Juga:  Mulai Tahun Depan Pemerintah Batasi Pembeli Gas LPG 3 KG Hanya untuk Konsumen Terdata

Nicke Widyawati juga mengatakan, Pertamax Green 95 adalah tindakan nyata BUMN itu untuk mendukung target net zero emission (NZE) pemerintah pada 2060.

“Produk ini adalah produk BBK (bahan bakar khusus) hijau yang ramah lingkungan karena menggunakan bioetanol dari molases tebu. Ini merupakan implementasi dari salah satu pilar transisi energi Pertamina dalam mendukung transisi energi nasional dengan penggunaan campuran bahan bakar nabati,” jelas Nicke.

Sedangkan untuk penjualan, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan mengatakan dalam tahap awal, Pertamina menargetkan volume penjualan Pertamax Green 95 sebanyak 400 liter per hari di Jakarta dan Surabaya. Ia menyebut, bahan bakar ini memiliki potensi pasar sekitar 700 hingga 1.000 liter per hari.

Sebagai informasi, untuk tahap awal, Pertamax Green 95 tersedia pada 5 SPBU di Jakarta dan 10 SPBU di Surabaya.

Pada wilayah Jakarta, Pertamax Green 95 dijual di SPBU MT Haryono, SPBU Fatmawati 1, SPBU Fatmawati 2, SPBU Lenteng Agung, dan SPBU Sultan Iskandar Muda Kebayoran.

Baca Juga:  Kompak Naik! SPBU Swasta Ikut Naikan Harga BBM per 1 Agustus 2023

Sementara di wilayah Surabaya, dijual di SPBU Jemursari, SPBU Soetomo, SPBU Mulyosari, SPBU Merr, SPBU Ketintang, SPBU Karang Asem, SPBU Mastrip, SPBU Citra Raya Boulevard, SPBU Juanda, dan SPBU Buduran.

Cek Juga

Pengelolaan Parkir di Cilimus Disoal, Dishub Diminta Bijak

Pengelolaan Parkir di Cilimus Disoal, Dishub Diminta Bijak

SejuSiwinduMedia.com – 4 perintis lahan parkir di sejumlah titik wilayah Cilimus, meminta Dinas Perhubungan (Dishub) …