Situs Taman Purbakala Cipari Sepi Pengunjung
Kondisi didalam Taman Purbakala Cipari yang sepi pengunjung(26/7/2023). FOTO : FIKRON LUTFI ARIF/SiwinduMedia.com

Situs Taman Purbakala Cipari Sepi Pengunjung, Pengelola : Saya Khawatir Dilupakan Begitu Saja

SiwinduMedia.com – Situs Museum Taman Purbakala Cipari merupakan situs arkerologi yang terletak di Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Situs Taman Purbakala tersebut kini nampak sepi pengunjung dan seakan dilupakan begitu saja oleh masyarakat setempat yang tak sadar akan peninggalan kesejarahan.

Hasil pantauan Tim SiwinduMedia.com ketika berkunjung ke Situs tersebut pada Rabu, (26/7/2023), nampak keadaan disana sangat sepi pengunjung bahkan bisa dibilang tidak ada pengunjung sama sekali.

 

Situs Taman Purbakala Cipari Sepi Pengunjung
Pintu masuk Taman Purbakala Cipari, (26/7/2023). FOTO : FIKRON LUTFI ARIF/SiwinduMedia.com

Berkunjung ke Taman Purbakala terasa sama seperti kembali kepada jaman batu, banyak peninggalan batu yang meliputi 2 jaman yaitu pada masa Neolitikum dan awal pengenalan bahan perunggu (masa perundagian ) berkisar ± 1000 SM s.d 500 SM.

Sebagai pengelola Situs Taman Purbakala Cipari ini, Suma selaku salah satu pengelola mengaku khawatir tempat tersebut akan terlupakan begitu saja.

“Pengunjung lebih memilih ke tempat wisata hiburan saja, namun enggan untuk berkunjung ke tempat wisata edukasi sejarah,” ujar Suma kepada tim Siwindumedia.com di Taman Purbakala Cipari, Rabu, (26/7/2023).

Baca Juga:

Taman Purbakala Cipari! Antara Masa Neolitik dan Paleometalik Prasejarah Kuningan

Akibat dari sepinya pengunjung yang datang ke Situs Taman Purbakala Cipari ini maka berimbas pula pada menurunnya perekonomian warga setempat.

Menurut Neli (43), yang merupakan warga Cipari sekaligus pemilik warung tepat depan parkiran Taman Purbakala tersebut merasakan dampaknya.

Neli mengungkapkan saat ini akibat sepinya dari pengunjung kini warungnya menjadi sepi pembeli.

“Dulu sih sebelum Covid-19 banyak yang berkunjung ke Taman Purbakala ini tapi sekarang jadi sepi,” ungkap Neli kepada Tim Siwindumedia.com

Cek Juga

Jelang Libur Sekolah, MIS Gereba Bagi Takjil dan Buka Puasa Bersama

SiwinduMedia.com – Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Gereba yang beralamat di Dusun Manis RT 01 RW …