Seismik gempa bumi / Ilustrasi Freepik

Gempa Terkini : Gempa 5,7 magnitudo Guncang Kota Pacitan, Warga Berhamburan Keluar

SiwinduMedia.com – Gempa 5,7 magnitudo mengguncang kawasan pesisir selatan Kota Pacitan, Jawa Tenagh, Minggu malam (23/7/2023), pukul 19:33:25 WIB. Gempa yang terjadi malam tadi membuat warga Warga di wilayah Kota Pacitan berhamburan keluar dan tak segera kembali ke rumah saat gempa terjadi.

Laman BMKG menyebutkan, lokasi gempa Pacitan berada di 8.94 LS, 111.04 BT (84 km Barat Daya Pacitan, Jatim), dengan kedalaman 10 km. Tak ada kerusakan ataupun korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, warga sempat trauma dan khawatir terjadi gempa susulan.

“Hari ini kami masih memantau dan berkoordinasi dengan jaringan relawan TRC (tim reaksi cepat) yang ada di desa-desa,” Ujar Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Erwin Andriatmoko.

Ia berharap tidak ada dampak serius yang merugikan. Namun, Erwin tetap mengimbau warga untuk waspada. Gempa magnitudo 5,7 terjadi sekitar pukul 19.33 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan pusat gempa berada di 84 km barat daya Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

BMKG dalam rilisnya menyatakan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami. Purwo, salah seorang tokoh muda di Pacitan mengilustrasikan gempa sempat memicu kepanikan sesaat. Warga berhamburan karena takut guncangan gempa meningkat dan memicu kerusakan pada tempat mukim mereka.

Baca Juga:  BMKG Prediksi Bulan November Indonesia Mulai Diguyur Hujan

“Ya, itu respon mitigasi alami warga. Setiap ada gempa, sebisa mungkin mencari posisi aman demi keselamatan,” kata dia.

Beberapa warga lain juga memilih berada di tepi jalan untuk sementara waktu. Salah satunya Paesah yang tak lain tetangga Emi. Perempuan ini mengaku kaget saat merasakan getaran.”Tadi pas gempa saya lagi telepon. Terus terputus karena saya tinggal lari. Ini saya coba telepon lagi,” ujarnya.

Sumber : Antara

Cek Juga

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

SiwinduMedia.com – Sejumlah masyarakat Desa Kadatuan Kecamatan Garawangi menggelar deklarasi dukungan kepada H Yanuar Prihatin …